Kondisi salah satu unit bus TMP di terminal Bandar Raya Payung Sekaki (Foto: Riaupos.co)
Kondisi salah satu unit bus TMP di terminal Bandar Raya Payung Sekaki (Foto: Riaupos.co)

Pekanbaru(SegmenNews.com)- 20 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) hibah pemerintah pusat masih mangkrak di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BPRS). Rencanaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru secara bertahap akan memperbaiki bus yang sudah berkarat tersebut.

Saat dikonfirmasi perihal ini, Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyebutkan anggaran perbaikan 20 unit bus TMP sudah ada. Walau besaran anggaran dinilai tidak akan cukup untuk memperbaiki seluruh bus yang dihibahkan oleh Kementerian Perhubungan sejak tahun 2009.

“Meski dana yang tersedia belum cukup, tapi anggaran itu kan sudah ada untuk memperbaiki mesin dan body bus ke 20 unit itu. Saya kira itu teknis dari dinas terkait untuk segera melakukan tindakan,” katanya, Rabu (29/07/2015).

Wako optimis dalam tahun ini 20 unit bus TMP bakal dioperasionalkan kembali. “Kalau sudah diperbaiki mesinnya dan bodi bus, tahun ini bisa kembali dioperasilkan. Jadi berapa uang yang ada nantinya kita akan lakukan perbaikan yang ada dulu,” ujarnya.

Terkait besaran anggaran yang bakal digunakan untuk melakukan perbaikan Wako tak tahu pasti. “Saya tak tahu angka persisnya. Tapi untuk perbaikan memang sudah ada, meski tidak bisa untuk memperbaiki semua bus yang rusak,” sebutnya.***(btp)