Pemprov Harus Pantau Penyebab Anjloknya Harga TBS
Pemprov Harus Pantau Penyebab Anjloknya Harga TBS

Rokan Hulu(SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu Drs.H.Achmad Msi, meminta Pemerintah Provinsi Riau untuk turun melakukan pengawasan anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) di Kabupaten Rokan Hulu beberapa waktu terakhir.

Pemerintah Provinsi Riau seharusnya tidak hanya menetapkan harga TBS, namun juga mesti turun langsung memantau harga jual yang dilakukan perusahaan. Sehingga jika harga TBS anjlok masyarakat bisa mendapatkan penjelasan, tidak hanya Pemkab rohul yang seolah-olah menjadi pihak yang paling harus bertanggung jawab.

“Kita sudah turun memantau langsung ke PKS, tapi kita tidak punya kebijakan untuk itu, Harga TBS itu ditetapkan oleh Pemprov,” ujarnya.

Diakui achmad, saat ini, harga TBS di rohul ditingkat pabrik dijual dikisaran harga Rp 900 rupiah perkilogram bahkan di tingkat peron, harga TBS petani hanya dibeli dikisaran harga 500 hingga 600 rupiah perkilo. padahal, harga TBS yang ditetapkan Provinsi diatas Rp.1.000 perkilogramm

Agar harga TBS yang ditetapkan Provinsi bisa diterapkan sesuai aturan, achmad menyarankan agar pemprov riau bersinergi dengan pemerintah daerah. Dengan adanya sinergisitas tersebut, diharapkan, persoalan harga TBS yang tidak sesuai dengan harga ketetapan provinsi bisa di eliminir dan diperketat pengawasanya.***(rie)