Diklat Pola Baru, Proyek Perubahan Wajib Terealisasi
Diklat Pola Baru, Proyek Perubahan Wajib Terealisasi

Siak(SegmenNews.com)- Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV dilingkungan Pemkab Siak resmi ditutup (4/08/2015). Diklat yang dilaksanakan di Siak Sri Indrapura untuk meningkatkan “leadership” bagi Aparatur Sipil Negara ini merupakan diklat dengan pola baru, yang dilaksanakan dengan pola di dalam dan diluar kampus.

Asisten Administrasi Umum, Drs H Djamaluddin yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala BKD H Lukman MPD saat menutup secara resmi pelaksanaan Diklat mengatakan, setelah lulus peserta diharapkan dapat menunjukkan peningkatan kualitas kepemimpinan sebagai pejabat eselon IV. “Sesuai aturan, pejabat eselon harus lulus diklat maksimal 2 tahun setelah mulai menjabat”. Katanya.

Ia juga berharap para pejabat eselon IV sebagai motor penggerak roda pemerintahan harus mampu memberikan contoh bagi bawahan dan masyarakat. “Sebagai agen perubahan harus menunjukkan keteladanan ditengah masyarakat, dan memiliki skill mumpuni dalam bertugas” tambahnya.

Sementara itu Arif Hamidi, Kabid Diklat BKD Kabupaten Siak dalam laporannya mengatakan, diklat kali ini dilaksanakan dari April-Agustus 2015. “Sebanyak dua peserta tidak dapat mengikuti diklat hingga akhir, satu orang mengundurkan diri karena sakit diawal diklat, dan satu orang meninggal dunia saat cuti lebaran” katanya.

Dalam pelaksanaan Diklat ini, 10 peserta terbaik direkomendasikan untuk dipertahankan pada jabatannya hingga pelaksanaan proyek perubahan yang menjadi syarat kelulusan peserta selesai diimplementasikan. Sebanyak 76 orang dari 78 peserta yang di uji seminarkan dinyatakan lulus, sementara 2 orang dinyatakan ditunda untuk melengkapi administrasi lebih lanjut. “Selamat bertugas para pemimpin perubahan” tutupnya.

Diklat Pim IV yang terlaksana atas kerjasama BKD Kabupaten Siak dan UPT Diklat Kepegawaian Provinsi Riau itu dilaksanakan dalam 5 tahapan yang harus dijalani Peserta diklat, yang terbagi dalam angkatan III dan IV.***(rinto/rls)