Rokan Hilir(SegmenNews.com)– Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Rokan Hilir tahun depan akan membubarkan sebanyak 108 Koperasi yang tidak aktif dan tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Kita sudah sering melakukan pembinaan kepada Koperasi yang ada, kita sudah berupaya memberikan pembinaan kepada Koperasi yang berbadan hukum tersebut secara maksimal dengan melakukan pembinaan khusus,” ungkap Kadiskop UKM Rohil Jon Syafrindow, Rabu (05/08/2015) di ruang kerjanya.

Saat ini, lanjut Jon Syafrindow, Koperasi yang ada di Rohil berjumlah 331 Koperasi. Namun, yang aktif melakukan rutinitas hanya 223. Sementara 108 koperasi tidak sepenuhnya Aktif.

“Koperasi yang seperti ini, tahun depan akan kita bubarkan, “ujarnya.

Dikatakan Jon Syafrindow, pada tahun 2013 lalu pihaknya juga telah membubarkan 200 Lebih koperasi yang tidak menjalankan aktifitasnya.

“Kebanyakan, Koperasi banyak salah kaprah dengan membentuk Koperasi hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah. Kalau Koperasi itu benar-benar aktif dan menjalankan aktivitasnya, maka pemerintah akan membantu anggaran untuk mengembangkan Koperasi tersebut. Kalau hanya mendirikan koperasi tapi tidak mempunyai aktivitas, dan hanya ingin mendapatkan bantuan saja, maka lebih baik koperasi itu kita bubarkan,” tukasnya.***(btp/zar)