Wabup Alfedri Buka Peringatan Harganas di Tualang

Wabup Alfedri Buka Peringatan Harganas di Tualang
Wabup Alfedri Buka Peringatan Harganas di Tualang

Siak(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Siak H Alfedri membuka peringatan Hari Keluarga Nasional di lapangan Kampung Tualang Kecamatan Tualang, selasa (11/8). Turut hadir asiten Administrasi Pemerintahan Umum H Fauzi Azni, Ketua TP PKK Siak Hj. Misnarni Syamsuar, Wakil ketua PKK Siak Hj. Rasida Alfedri, Kabag Sumda Polres Siak, sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, camat se Kabupaten Siak, Penghulu sekecamatan Tualang.

Hari Keluarga Nasional dibuka dengan di tandai pemukulan gong oleh wakil bupati Siak Alfedri, ia mengatakan Harganas merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera dan mottonya Keluarga Berkarakter, Indonesia Sejahtera.

“Tentunya tujuan bagaimana mengupayakan keluarga menjadi keluarga kecil dan berkarater serta sejahtera,“ jelasnya.

Dengan keluarga berkarakter hasilnya akan menciptakan anak- anak berkarakter, terbentuknya keluarga, di awali pasangan yang berkarakter sehingga program pemerintah seperti PKK dan KB dapat terlaksana.

Peringatan Hari Keluarga yang kita selenggarakan setiap tahun merupakan wujud perhatian dan kepedulian kita bersama terhadap pentingnya peranan keluarga dalam kehidupan berbangsa. Adapun tema yang diangkat pada Hari Keluarga tahun ini adalah ”Harganas Merupakan Momentum Upaya Membangun Karakter Bangsa Mewujudkan Indonesia Sejahtera dengan motto “Keluarga Berkarakter Indonesia Sejahtera”. Tema dan motto ini tentu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan spirit kita akan pentingnya membina keluarga berkualitas melalui Keluarga Berencana agar tercipta keluarga yang sejahtera.

Untuk mewujudkan keluarga berkualitas, sejahtera dan mandiri, Pemkab Siak telah melakukan berbagai program, seperti program pembangunan bidang kesehatan, pendidikan, penguatan ekonomi keluarga dan program penguatan kelembagaan. Terwujudnya keluarga yang berketahanan akan menjadi sarana efektif untuk membentuk generasi yang berkualitas, karena lingkungan keluarga memiliki ketahanan sosial yang tinggi.

Upaya membangun keluarga kecil yang berkarakter dan berketahanan, seperti tema pada peringatan Harganas ke-22 ini, tidak lepas dari kemajuan program Keluarga Berencana (KB). Dimana berdasarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2014, angka Pasangan Usia Subur (PUS) Kabupaten Siak mencapai 95.237 pasangan, yang diantaranya sebanyak 71.128 pasangan merupakan pasangan KB Aktif atau sekitar 133, 89 persen.

Kemudian untuk membentuk keluarga yang berkarakter dan berkepribadian, selain memperhatikan sektor kesehatan, tentu juga harus diperkuat dengan upaya mewujudkan generasi yang berkualitas. Karena itulah Pemerintah Kabupaten Siak tetap berkomitmen untuk menerapkan program pendidikan gratis dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Ini semua adalah merupakan tantangan kita bersama. Karena negara kita adalah Negara Kesatuan, masalah pembangunan kependudukan juga harus diperhatikan secara nasional karena penduduk tersebut bisa berpindah-pindah. Kita tidak bisa membendung orang untuk datang ke Kabupaten Siak, kita juga tidak harus berlomba untuk melahirkan anak untuk mengisi Kabupaten Siak, walaupun masih tersedia lahan yang luas. Langkah terbaik yang dapat kita lakukan adalah bagaimana menciptakan sumberdaya manusia yang ada dalam keluarga itu agar berkualitas sehingga tercipta keluarga yang berkarakter dan sejahtera, untuk mengisi pembangunan Kabupaten Siak ke depan.

Untuk itu, marilah kita jadikan peringatan hari keluarga ini sebagai momentum untuk memantapkan kebijakan dari berbagai lapisan masyarakat, meningkatkan kepedulian dan peran aktif para tokoh masyarakat, tokoh agama dan Lembaga Sosial Masyarakat untuk terus menerus secara berkesinambungan dan berkelanjutan dalam melaksanakan program Kependudukan dan Keluarga Berencana, sehingga upaya pengendalian pertumbuhan dan pertambahan penduduk dapat dikendalikan.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berharap kepada Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Desa, agar kiranya dapat memberikan bimbingan dan pembinaan kepada seluruh keluarga yang ada di Kabupaten Siak ini. Arahkan program-program pembinaan PKK pada pelayanan sosial dasar, terutama pelayanan kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga.

Kepada seluruh jajaran pelaksana program KB, buatlah program sasaran prioritas bagi pengembangan pelaksanaan Program KB. Buatlah sasaran program prioritas pada upaya pengendalian pertumbuhan penduduk yang berkaitan dengan daya dukung ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan kualitas keluarga di masa yang akan datang.

Kepada PLKB, Bidan Desa dan Kader PPKBD, kita tidak boleh berhenti memberikan penyuluhan dan pembinaan tentang pentingnya membatasi jumlah anak dalam keluarga. Kepada seluruh keluarga di Kabupaten Siak, saya mengajak untuk bersama-sama membimbing, membina dan menjaga keluarga kita masing-masing. Awali kehidupan keluarga dengan membangun suasana keluarga yang tenang dan damai. Jalinlah komunikasi dua arah yang terbuka. Kembangkan semangat belajar, dan semangat kerja keras kepada anak-anak kita, agar mereka dapat hidup mandiri.

Sebelumnya Camat Tualang Zulkifli mengucapkan terimakasih karena menjadi tuan rumah peringatan Harganas Kabupaten Siak. Dimana Kampung Tualang sebagai tempat pelaksanaan merupakan kampung keluarga sakinah. “Kepada masyarakat atas nama pemerintah terimakasih dilaksanakan kegiatan hari Keluarga Nasional di Kecamatan Tualang,” ungkapnya camat. Usai membuka Harganas tersebut Wabup beserta rombongan tinjau bazar.***(rinto/hms)