2016, Rohil Beli 2 Unit Alat Pengukur ISPU

2016, Rohil Beli 2 Unit Alat Pengukur ISPU (Suta Wirapraja)
2016, Rohil Beli 2 Unit Alat Pengukur ISPU (Suta Wirapraja)

Bagansiapiapi(SegmenNews.com)- Direncanakan tahun 2016 mendatang melalui anggaran APBD murni, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan membeli 2 unit alat pengukur Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

Dikatakan Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Rohil, Suta Wirapraja, Jum’at (9/10/15) kemarin, 1 alat ISPU akan ditaruh di Kota Bagansiapaiapi dan se unit lagi di Ujung Tanjung.

“Anggaran perunitnya, Rp 1 miliar. Tapi tak apa-apa, alat pengukur ISPU sangat dibutuhkan masyarakat, karena setiap tahun kabut asap melanda,” ujarnya.

Lanjutnya, tak hanya pembelian alat ISPU yang dianggarkan, namun Bappeda juga harus menganggarkan biaya perawatan. Sebab dikhawatirkan alat tersebut tak terawat dan cepat rusak.

“Kayak di Siak, yang bantuan Provinsi, di Perawang, gara-gara tidak ada perawatan, rusak. Kita minta perawatannya perbulan. Jutaan juga,” tambahnya.

Dibeberkannya, saat ini Pemkab Rohil memang mempunyai satu unit alat sejenis bantuan dari Malaysia, namun dalam keadaan rusak. “Satu kita punya bantuan dari Malaysia, tapi rusak, ada alatnya rusak. Itu manual, keluarnya sama. Yang di Pekanbaru tampilannya aja terhubung. Kalau ukurannya sama,” ujarnya.***(andi)