Polda Riau Bekuk 2 Pelaku Perampokan Bank di Siak

image

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Setelah melakukan perburuan. Akhirnya jajaran Polda Riau berhasil membekuk 2 pelaku perampokan bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Salah satu pelakunya, SG (30) ternyata sekuriti bank tersebut. Sementara rekannya JH (25) sebagai eksekutor.

Keduanya ditangkap di lokasi berbeda. Dari tangan kedua tersangka itu diamankan uang hasil rampokan senilai Rp 1,2 miliar

Direktur Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Riau, Kombes Rivai Sinambela, Kamis (8/10/15) mengatakan, sebagian uang hasil dari aksi keduanya sudah dipakai pelaku.

“Total aksi kejahatan mereka yakni Rp 1,5 miliar. Barang bukti yang kita amankan yakni Rp 1,250 miliar dari tersangka JH. Kemudian dari tangan SG, sekuriti Bank Mandiri kita sita Rp 34 juta. Sisanya sudah dipakai mereka,” ungkap Rivai.

Tersangka JH ditangkap dini hari tadi di daerah Palas Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Sementara JH ditangkap di rumahnya di Kabupaten Siak.

Menurut Rivai, modus yang dilakukan keduanya adalah pura-pura ada penyekapan. Dimana pada 29 September 2015 lalu SG melihat kondisi bank sudah sepi. Dimana semua karyawan bank sedang istirahat makan siang.

Kemudian SG menghubungi JH kalau situasi bank sudah ‘aman’ untuk menjalankan aksi mereka. Kemudian pelaku JH pun datang.

“Untuk memuluskan aksi mereka, tersangka JH pura-pura mengikat tersangka SG yang saat ini memang piket menjaga bank. Kemudian SG memberikan kunci brankas kepada tersangka JH. Disanalah JG menguras uang bank sebesar Rp 1,5 miliar,” ucapnya.

Aksi ini juga berjalan sukses, karena juga ada unsur kelalain pimpinan cabang Bank Mandiri. Dimana saat kejadian dia tidak mengunci pintu tempat penyimpanan brangkas. ***(chir/sdn)