Pemkab Siak Seleksi PNS Berprestasi

Asisten Administrasi Umum Drs. H. Jamaludin, M.Si membuka secara resmi kegiatan Penilaian Pegawai Negeri Sipil Berprestasi
Asisten Administrasi Umum Drs. H. Jamaludin, M.Si membuka secara resmi kegiatan Penilaian Pegawai Negeri Sipil Berprestasi

Siak(SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si yang diwakili Asisten Administrasi Umum Drs. H. Jamaludin, M.Si membuka secara resmi kegiatan Penilaian Pegawai Negeri Sipil Berprestasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak Tahun 2015 di Ballroom Hotel Grand Mempura, Rabu 4 Nopember 2015. Turut hadir tim Penguji dari Universitas Riau Dr. Syakhdanur Nas, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

Dalam arahannya Asisten III Jamaluddin mengatakan PNS sebagai aparatur penggerak roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan harus memiliki kemampuan dan wawasan yang memadai, yang dibarengi dengan sikap disiplin, semangat, komitmen dan dedikasi yang tinggi,. “ Jalankan setiap tugas dan tanggungjawab secara optimal yang ditunjukkan melalui performa kerja yang tinggi serta proses kerja yang cepat, tepat dan akurat,” pesan Jamaluddin.

Pemerintah Kabupaten Siak senantiasa memberikan perhatian bagi upaya pemberdayaan Pegawai Negeri Sipil yang berprestasi dengan mengalokasikan anggaran pembinaan pada setiap tahunnya untuk pelaksanaan kegiatan penilaian pegawai negeri sipil, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan berprestasi, sebagai implementasi tuntutan peraturan perundang-undangan dalam hal pembinaan PNS. Sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang handal, profesional dan bermoral sebagai penyelenggara pemerintahan yang menetapkan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik (good govermence).

Program penilaian Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu upaya pembinaan yang dilaksanakan dilingkungan birokrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, melibatkan seluruh unsur PNS dengan berbagai latar belakang kompetensi baik sebagai tenaga administrasi, tenaga teknis, tenaga pendidik, maupun tenaga kesehatan.

Kegiatan penilaian Pegawai Negeri Sipil juga dilaksanakan dengan tujuan menseleksi, menilai dan menetapkan Pegawai Negeri Sipil berprestasi. Dimana penilaian Pegawai Negeri Sipil tersebut mencakup unsur-unsur ketaatan dalam pengabdian, kesetiaan, kesungguhan dalam menjalankan tugas, mutu, keterampilan, keahlian dan kedisiplinan, serta mencakup penilaian terhadap ucapan dan perbuatan, baik dilakukan didalam maupun diluar jam kerja.

Tim Penilai dari Universitas Riau Syakhdanur Nas menyebutkan jangan pernah merasa puas. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan se Provinsi Riau, kabupaten/kota lainnya hanya seleski PNS terbaik kategori guru atau tenaga pendidik. Kemudian bagi guru-guru yang berprestasi nantinya diusulkan untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Untuk tes tenaga pengajar, tenaga kesehatan masing-masing dibedakan materi ujiannya dan dibedakan perkelompok.  Baca: PNS Berprestasi akan Diberangkatkan Umrah>>>

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan PNS BKD Siak Nofit Rizal mengatakan Dasar pelaksanaan kegiatan antara lain Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara, peraturan daerah Kabupaten Siak Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2015, Peraturan Bupati Siak Nomor 46 Tahun 2012 tentang Pemberian Penghargaan bagi PNS yang berprestasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.***(rinto/rls)