Ditinggal Shalat Jum’at, 19 Tahanan Rutan Kabur

Istimewa sindonews
Istimewa sindonews

Batam(SegmenNews.com)- Sebanyak 19 orang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam melarikan diri pukul 12.30 WIB. Para tahanan ini kabur sewaktu para petugas kepolisian melaksanaan salat Jumat.

“Para tahanan itu kabur dengan cara mencongkel pintu samping rutan. Semua tahan yang kabur rencananya mau ke arah Bukit Permata,” kata salah seorang saksi mata pekerja proyek Perumahan Rexpin Putra Mandiri Agus (35), Jumat (13/11/2015).

Setelah di atas bukit, para tahanan itu turun lagi mencari jalan lain. Melihat banyaknya tahanan yang kabur, saksi mengaku kaget dan bersama petugas rutan turut mengejar para tahanan ini.

“Tahanannya manjat tebing, lima orang lari ke Bakau. Tadi saya ikut ngejar juga, tapi cuma saya yang tangkap tiga orang,” ujar Agus di depan lapas.

Sewaktu ditangkap, para tahanan mencoba melawan. Namun akhirnya berhasil dibekuk, dan langsung dipukuli. “Tahanannya luka-luka kena pukul yang nangkap. Baju saya tadi kena darah semua,” ungkapnya.

Saksi mata lainnya warga Perumahan Rexpin yang berada di belakang rutan Anar Manik mengatakan, melihat tahanan yang kabur ke arah bukit Permata sewaktu duduk-duduk di teras rumahnya. Semua tahanan masih mengenakan baju tahanan.

Mereka mencoba melewati bukit Permata setinggi lebih 15 meter yang masih tahap penggarapan. Dia melihat para tahanan kabur dengan cara berpencar menanjaki bukit.

“Tadi tiga dapat di dekat kolam pancing di belakang perumahan, tiga lagi di atas Bukit Permata. Mereka nanjak gunung,” kata Anar, kepada wartawan di depan Rutan Batam.

Informasinya, dari 19 orang yang kabur sudah berhasil ditangkap sebanyak 12 orang. Sedangkan tujuh tahanan lainnya masih dalam pengejaran. “12 orang sudah ditangkap, masih dikejar yang lainnya,” kata salah seorang polisi.

Sementara itu, Kepala Rutan Batam Irhamuddin saat dihubungi melalui sambungan telepon dan pesan singkat masih belum memberikan keterangan terkait tahan kabur ini.***

 

Red: hasran

Sumber: sindonews