Polisi Siapkan ‘Water Canon’ Amankan Rapat Pleno KPU Pelalawan

Polisi Siapkan 'Water Canon' Amankan Rapat Pleno KPU Pelalawan
Polisi Siapkan ‘Water Canon’ Amankan Rapat Pleno KPU Pelalawan

Pangkalan Kerinci(SegmenNews.com)- Polres Pelalawan menurunkan pasukan bersenjata lengkap dengan kendaraan anti huru hara ‘Water Canon’ di lokasi rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilkada Pelalawan, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan, Rabu (16/12) siang.

Pantauan dilapangan terlihat polisi yang membawa senjata laras panjang itu disiagakan di pintu masuk gedung daerah Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, ditambah ratusan personil lainnya berjaga-jaga di lokasi dan luar pagar gedung tersebut.

Kapolres Pelalawan, AKBP Ade Johan Sinaga menyatakan akan menindak tegas siapapun yang menganggu jalannya proses sidang pleno pleno. “Kita kerahkan sebanyak 450 personil gabungan demi berjalan lancar proses rapat pleno KPU. Untuk mengantisipasi hal-hal tidak di inginkan personil disiagakan dengan senjata lengkap,” tegas Kapolres.

Namun apabila terjadi gangguan jalanya sidang pleno atau aksi anarkis dari dua pasangan calon (Paslon) Bupati Pelalawan, Kapolres mengaku akan mengambil tindakan tegas. “Kami akan selalu siap dan tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas terhadap siapa pun pelaku kerusuhan,” ujar Kapolres.

Dijelaskan Kapolres adapun keluatan penuh  yang dikerahkan dari personil Polres Pelalawan ditambah dari Brimobda Riau sebanyak 2 Pleton dan personil bantuan dari BKO Sabhara Polda Riau sebanyak 2 Pleton. “Ini baru dari kepolisian belum lagi dari TNI,” pungkas Ade.

Selian ratusan personil di kerahkan, juga Polres Pelalawan juga mempersiapkan sejumlah kendaraan tempur seperti water canon, pemadam kebakaran, serta kendaraan pengurai massa.

Sementara rapat pleno baru dimulai pukul 14.00 WIB, dan setiap perolehan suara Pilkada Pelalawan dibacakan oleh 12 Ketua Panitia Pemungutan kecamatan (PPK), dengan di saksikan kedua tim Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan yang ikut hadir, baik pasangan HM Harris-Zardewan (HAZA) dan Zukri-Anas Badrun (ZA).

“Sejauh ini proses tahapan Pilkada berjalan aman, lancar dan kondusif, hingg rapat pleno berakhir kita terus melakukan pengamanan,” tambah Kapolres.***(fin)