Penyaluran APBD 2016 Riau ke Rohil Minim

Apbd
Apbd

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pembangunan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui dana APBD Provinsi Riau tahun 2016  untuk perkembangan pembangunan terbilang minim.

Pasalnya pembangunan itu terkendala akibat belum ada RTRW Riau, sehingga tidak bisa dilaksanakan karena kawasan yang dituju masih berstatus hutan.

Sedangkan, Rohil sangat membutuhkan yakni pembangunan  jalan didaerah pesisir Riau, antisipasi kekurangan listrik, infrastruktur pelabuhan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Seperti jalan didaerah pesisir Riau ini merupakan jalan provinsi dan atau anggaran pembangunannya bersumber dari anggaran Provinsi.

“Selama ini, banyak pembangunan infrastruktur yang tidak bisa jalan karena tidak adanya RTRW Riau. Untuk itu kita akan memperjuangankan RTRW itu ke pusat supaya cepat keluar. Sehingga pembangunannya bisa kita gesa kedepan,” kata Anggota Komisi D DPRD Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Rohil.

Untuk memperjuangkan ini, Asri bersama anggota dewan Dapil Rohil yang lain akan membicarakan hal ini dengan pemerintah Provinsi Riau.

Disebutkannya, Bulan Januari nanti, segala aspirasi yang diserap, mulai dibicarakan langsung dengan Bappeda Riau, agar bisa dicari solusi bagaimana perencanaan itu bisa terlaksana kedepan.

Sebab wakil rakyat dari Rohil ini tidak ingin lagi, aspirasi masyarakatnya tidak diakomodir dalam APBD provinsi.

Sehingga kabupaten pesisir laut Riau itu ada kemajuan berkat perjuangan anak daerah yang duduk di provinsi dan juga di pusat. Karena jika wakil daerah ini lemah, maka daerah tersebut tidak akan mencicipi pembangunan yang layak kedepan.

Asri mengakui, sebelumnya dewan Dapil Rohil telah menggelar pertemuan dengan Bupati Rohil, Suyatno. Kepala daerah itu  meminta kepada seluruh anggota DPRD Riau dari daerah Dapil Rohil agar selalu memperjuangkan segala kebutuhan Rohil di tingkat provinsi, baik RTRW maupun kepentingan masyarakat lainnya.

“Kemarin dalam pertemuan bupati meminta kami selalu memperjuangkan segala apa yang dibutuhkan Rohil di tingkat Provinsi, terutama RTRW. Sehingga segala pembangunan yang sudah direncanakan bisa diakomodir dalam APBD Riau untuk Rohil kedepan,” kata Asri saat ini sedang

menjalankan reses untuk menampung aspirasi masyarakat di Dapil-nya.***(alin)