Gawat! PT.BOB Bakal PHK Karyawan Besar besaran

PHK (net)
PHK (net)

Siak(SegmenNews.com)- PT. Badan Operasi Bersama (BOB) Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu yang beroperasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau berencana akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ribuan karyawannya. Hal itu merupakan dampak anjloknya harga minyak mentah dunia hingga di bawah USD30 per barel.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Dissosnakertran) Kabupaten Siak, Riau, Nurmansyah, Rabu (20/1/16), menyampaikan, pihaknya telah menerima surat resmi terkait PHK yang akan dilakukan oleh Perusahaan milik Pemkab Siak itu.

“Dalam waktu dekat, PT.BOB akan mem PHK karyawannya karena harga minyak mentah dunia turun,” ujar Nurmansyah.

Namun jumlah karyawan yang akan di PHK belum diketahui, dalam perkiraan ada sekitar 4 ribu karyawan PT.BOB yang akan di PHK. Walau pihaknya telah menerima surat resmi itu, diperlukan pengecekan dan meminta keterangan perusahaan terkait PHK tersebut.

“Tentu kita cek ke lapangan dulu, kalau cocok dengan alasan mereka, kita juga tak punya hak untuk melarang PHK tersebut. Tentu hak karyawan harus diselesaikan, jika terkena PHK,” jelasnya.

Disamping itu, kata Nurmansyah, selain PT.BOB, masih ada perusahaan yang berencana akan mem PHK karyawannya. Namun yang baru menyerahkan surat resmi hanya PT.BOB. Diantara perusahaan yang akan mem PHK karyawannya yakni, PT IKPP, PT RAPP dan PT Sinar Mas Group

“Katanya, PT. IKPP, PT RAPP dan PT Sinar Mas juga mau PHK ratusan karyawannya, tapi sampai saat ini kita belum menerima surat resminya,” ungkap Nurmansyah.***(rinto)