Puluhan Pasien Anak di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Terlantar

Net
Net

Pekanbaru(SegmenNews.com)-Puluhan pasien anak di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, Jalan Garuda, Pekanbaru, Jumat (8/12/16) terlantar. Pasalnya dokter anak yang seharusnya memeriksa pasien tidak datang dengan alasan sedang praktek di luar.

Hendra salah satu orang tua pasien bernama Alifah (4 tahun), kepada segmennews.com menceritakan, awalnya sekitar pukul 09.00 WIB, ia membawa anaknya yang menderita demam dan muntah-muntah ke Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru. Setelah menyelesaikan proses administrasi, ia diminta membawa anaknya ke tempat pemeriksaan khusus pasien anak.

Setibanya di sana, ia melihat ada tujuh anak yang telah antre untuk diperiksa oleh dokter. Namun sekitar pukul 10.00 WIB, anaknya dan pasien lain tak kunjung diperiksa oleh dokter. Melihat hal ini ia bertanya mengapa belum diperiksa, perawat di ruang pemeriksaan anak mengatakan dokternya belum datang, masih praktek di luar.

Ia kemudian meminta agar perawat itu menghubungi dokter, karena pasien semakin banyak, sementara sekitar pukul 12.15 WIB, akan Salat Jumat.

Perawat  itu kemudian menyampaikan hal ini kepada perawat senior yang ada kemudian mengatakan, dokter itu tidak akan datang meski ditelpon dana akan datang kalau sudah selesai praktek di luar. Melihat tidak ada jawaban pasti kapan dokter akan datang, sebagian orang tua pasien pulang membawa anak mereka meski belum diperiksa.

Sekitar pukul 10.30 WIB, perawat kemudian datang mennemui keluarga pasien, mengatakan dokter tidak datang karena pasien di tempatnya praktek sedang gawat, sehingga pasien diarahkan ke dokter umum. Melihat ini sebagian orang tua pasien membawa anaknya pulang dan lainnya menemui dokter umum.

Salah seorang perawat diperiksaan anak, ketika dikonfirmasi segmennews.commembenarkan ketidakhadiran dokter anak tersebut. “Dokter itu tidak hanya praktek di Puskesmas ini, tetapi banyak tempat, termasuk rumah sakit swasta,” ujarnya.***(Hasran)