BMP Rohul Siapkan RAB Pembangunan Jembatan Ambruk Rp5,4 M

Salah satu jembatan yang ambruk akibat banjir di Rokan Hulu
Salah satu jembatan yang ambruk akibat banjir di Rokan Hulu

Rohul(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) telah menyusun Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan jembatan yang ambruk akibat diterjang banjir sepakan lalu.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas BMP, Harisman, melalui Kabid Sarana Prasarana Jalan dan Jembatan, Anton ST, Senin (15/2/16) di ruang kerjanya.

“Pasca banjir besar yang terjadi sepekan lalu, 3 jembatan dikelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam ambruk. Dan saat ini pihak kita sudah membuat RAB nya. Dan diperkirakan untuk membangun ketiga jembatan itu secara estimasinya capai Rp 5,4 Miliar,” jelas Anton.

Anton menambahkan, nantinya RAB tersebut akan disampaikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Rohul dan BNPB Rohul, mereka akan meneruskannya ke PU Pusat.

“Minggu ini RAB-nya akan kita sampaikan ke BNPB Rohul. Dan mudah-mudahan dana unutuk pembangunan jembatan yang ambruk itu bisa secepatnya terealisasi,” harapnya.

Dijelaskannya, adapun jembatan yang ambruk tersebut adalah, Jembatan Sungai Lubuk, Godang  dengan ukuran 12 x 6 meter, Jembatan Sungai Pisang Kolek, 15 meter x 6 meter dan Jembatan Bukit Juringan 20 x 6 meter. Dan ketiga jembatan tersebut menghubungakan kelurahan Kota Lama ke Dusun Pelanduk dan saat ini sudah dibangun jembatan darurat agar bisa dilalui warga.

“Berkat kerjasama dengan pihak TNI, BNPB dan masyarakat, tiga jembatan saat ini sudah bisa dilalui dengan kenderaan roda dua.***(P.Siahaan/adv/hms)