Akibat Banjir, Jalan Lintas Provinsi Riau di Bonai Putus

Kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana
Kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana

Rohul(SegmenNews.com)- Akses jalan lintas Provinsi (Jalinprov) Riau di Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, sejak Rabu (10/2/16) terputus, setelah meluapnya Sungai Rokan yang menggenangi badan Jalinprov Riau.

Akibatnya, akses antara Kabupaten Rohul ke Kota Duri Kabupaten Bengkalis terputus dua hari belakangan. “Saya melihat sudah banyak truk mengantri akibat jalan dipenuhi air,” jelas Anto jumat (12/2/16), warga Bonai Darussalam

Sejumlah warga di Bonai Darussalam juga mengungkapkan, banjir di daerahnya diindikasi akibat sejumlah perusahaan sekitar yang membangun tanggul tinggi, agar banjir tak merendam kantor perusahaan atau pabrik. Bahkan dampak tanggul yang dibangun perusahaan, kini bila banjir maka air akan genangi jalan dan pemukiman hingga berbulan-bulan.

Bahkan sejumlah warga Bonai Darussalam, sudah beberapa kali melaporkan ke Pemkab Rohul terkait adanya tanggul yang dibangun perusahaan, namun hingga kini sepertinya belum ada tindakan. “Bila banjir, kini maka bertahan lama. Jadi seperti hidup di rawa-rawa saat musim banjir,” ucap Lina, warga Bonai Darussalam lainnya.

Sedangkan menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul, Aceng Herdiana menyatakan, dirinya belum mendapat informasi akses Rohul-Duri terputus.

Diakuinya, saat ini petugas BPBD Rohul tidak konsentrasi meninjau jalan, namun lebih pada evakuasi, pendataan, serta kebutuhan diperlukan korban banjir.***(Fitri)