136 BUMDes di Rohul Sudah Mandiri

136 BUMDes di Rohul Sudah Mandiri
136 BUMDes di Rohul Sudah Mandiri

Rohul(SegmenNews.com)- Tingkat perekonomian masyarakat pedesaan di Kabupaten Rokan Hulu-Riau saat ini semakin membaik. Sebab hingga saat ini, sebanyak 136 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diwilayah negeri seribu suluk tersebut sudah bisa mandiri tanpa bantuan pemerintah lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi, Selasa (15/3/16). Katanya dengan mandirinya ratusan BUMDes tersebut, tentunya dapat membangun ekonomi masyarakat kearah yang lebih baik dan semakin sejahtera.

Selain itu, meningkatnya sisa hasil usaha BUMDes dan UED-SP hingga mencapai Rp22 miliar tahun ini. Sebagai bukti berperan aktifnya badan usaha di desa membangun ekonomi masyarakat.

Achmad mengaku, seluruh BUMDes saat ini sudah mampu menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Dengan modal dasar mencapai Rp500 juta pada pemodalan awal ketika masih UED-SP, dan berkembang menjadi BUMDes bahkan menghasilkan miliaran rupiah.

“Keberadaan BUMDes bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat, sehingga membuat masyarakat sejahtera,” ujar Achmad.

Dari data yang diperoleh, saat in masih tersisa 6 unit usaha ekonomi kelurahan, sedang dalam proses pembentukan menjadi BUEK, dan 11 UED-SP yang akan dibentuk menjadi BUMDes.***(Fitri/adv/hms)