Resmikan Vihara, Suyatno Bangga Umat Beragama di Rohil Harmonis

Resmikan Vihara, Suyatno Bangga Umat Beragama di Rohil Harmonis
Resmikan Vihara, Suyatno Bangga Umat Beragama di Rohil Harmonis

Rohil(SegmenNews.com)- Hingga saat ini hubungan antar umat beragama di Kabupaten Rokan Hilir-Riau cukup baik dan harmonis.

Keharmonisan tersebut membanggakan orang nomor satu di Rohil, H Suyatno AMP. “Sampai detik ini, tidak ada pergesekan antar umat agama di Rokan Hilir,” ujarnya saat peresmian vihara diepangkaro, kecamatan Panipahan, Kamis (31/3/16).

Dikegiatan peresmian itu dihadiri juga oleh, Sangha Agung Indonesia Bikhu Jinadhammo Mahathera, beserta bikhu, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Kapolres AKBP Subiantoro SIK, pihak Dandim 0321 Rohil, Anggota DPRD Provinsi Riau, Siswadja Muljadi, Kepala Kemenag Agustiar SH, Ketua MUI, Wan Ahmad Saiful, Ketua NU, Sakholan M Kholil.

Pendirian vihara ini juga menunjukkan keharminisan antar umat beraga, tidak ada pertikaian didalamnya.

Pembangunan vihara dari sejumlah donatur ini juga dinilai Bupati suatu kehebatan Indonesia dan harus dipertahankan selama-lamanya.

Tarjoko, SPd, MM, Pembimas Budha Kanwil Kemenag Riau mengatakan, agama dalam negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 memiliki kebebasan memeluknya, menjadi hak azazi, memiliki kebebasan beribadah, termasuk membangun tempat ibadah, sepanjang tidak bertentangan dengan perundangan yang berlaku

Pembangunan tempat ibadah dan tempat pendidikan Vihara Diepankaro diharapkan bermanfaat bagi umat Buddha. Umat Budha di Rohil banyak, maka harus dipahami antara Konghucu dan Tridharma.***(Chandra/Agus/adv)