Hari Ini, Santri MA di Rohul Mulai Ikuti UAMBN

Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hsb MA saat meninjau ujian
Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hsb MA saat meninjau ujian

Rohul(SegmenNews.com)- Mulai hari ini, Senin(14/3/16) sebanyak 392 orang santri ataupun siswa/i Madrasah Aliyah (MA) se Rohul-Riau ikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

UAMBN yang dilaksanakan serentak di 14 MA se Rohul, akan berakhir tanggal 16 Maret 2016.

UAMBN ini dimaksudkan sebagai persyaratan untuk kelulusan pada MA dengan menguji 5 mata pelajaran agama, yaitu Aqidah Akhlaq, Alquran Hadits, Fiqh Islam, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab, sedangkan mata pelajaran umumnya akan diuji pada Ujian Nasional (UN) bersama dengan SMA/SMK.

Demikian disampaikan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, didampiungi Pengawas Pendidikan Islam H Agussalim SPd MPd, ketika melakukan monitoring UAMBN di MA Pondok Pesantren Darussalam, Saran, Kec Kabun, Senin (14/3/2016).

Dikatakannya, pelaksaanaan UAMBN ini diawasi secara ketat oleh Kakan Kemenag Rohul, Kasi Pendidikan Islam dan pejabat Kemenag Rohul lainnya, para pengawas pendidikan agama di sekolah dan pendidikan Keagamaan di madrasah dan Ponpes, serta para guru di lingkungan MA Kemenag Rohul.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini mengharapkan, agar pelaksanaan UAMBN bisa berjalan dengan tertib, aman, dan jujur, sebab kejujuran adalah modal yang sangat berharga dalam menentukan keberhasilan kehidupan dan karir seseorang.

Untuk apalah nilai seseorang tinggi, kalau yang mengerjakannya orang lain atau dilakukan dengan cara-cara yang tidak jujur. Biarlah nilainya apa adanya, sesuai dengan kemampuan anak didik, yang terpenting adalah dilakukan secara jujur dan bertanggungjawab, sebab ujian ini juga ujian kejujuran.

Ahmad Supardi Hasibuan yang alumni Ponpes Musthafawiyah Purbabaru ini mengatakan bahwa lokasi UAMBN dilaksanakan di 14 lokasi, yaitu MAN Pasir Pengaraian, MA MA Al-Fata Pasir Agung, MA Ar-Royyan Kabun, MA Darussalam Kabun, MA Darul Ulum Tandun.

Selanjutnya adalah MA Ash-Shohwah Ujungbatu, MA An=Nabawiyah Rokan IV Koto, MA Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian, MA Hasanatul Barokah Tambusai, MA Raudhatussalam Mahato Tambusai Utara, MA Jabal Rahmah Tambusai Utara, MA Nurul Ilmi Tambusai Utara, MA Darul Jihad Kepenuhan, dan MA Yapita Tambusai.***(rls/hasran)