Madrasah Kejuruan di Rohul Bakal Dijadikan Percontohan Nasional

Madrasah Kejuruan di Rohul Bakal Dijadikan Percontohan Nasional
Madrasah Kejuruan di Rohul Bakal Dijadikan Percontohan Nasional

Rohul(SegmenNews.com)-Direktur Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof Dr H Nurkholis Setiawan MA, mengatakan bahwa pihaknya akan menjadikan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Rokan Hulu (Rohul) yang pembangunannya dimulai tahun ini, sebagai model dalam pembangunan MAKN secara nasional.

Untuk itu, maka pihak Kemenag Rohul dan Kanwil Kemenag Prov Riau, agar merumuskan bentuk, master plan bangunan, silabus dan model pembelajaran pada MAKN Rohul, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan nasional, dalam pembangunan MAKN yang pada tahun ini baru dibangun pada lima provinsi seluruh Indonesia.

Demikian disampaikan Nurkholis Setiawan kepada Pgs Kakanwil Kemenag Riau Drs H Mahyuddin MA, Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahm ad Supardi Hasibuan MA, mantan Kakanwil Kemenag Riau yang saat ini menjadi Direktur Pemberdayaan Zakat Drs H Tarmizi Tohor MA, Kasi Kesiswaan Afrialsyah Lubis SPd MA, Kasiu Sarana Prasarana H Sutikno SPdI, dan Kasi Pendis Drs H Syahruddin MSy, Kamis (31/3/2016), bertempat di ruang Direktur Penmad Kemenag RI, Jakarta.

Dikatakannya, untuk mememuhi maksud tersebut, Nurkholis berharap agar Kemenag Rohul dan Kanwil Kemenag Riau, melakukan study banding ke SMKN Bogor Jawa Barat, SMKN Kota Pekanbaru, dan SMKN yang ada di Rohul. Perpaduan dari ketiga SMKN ini, diharapkan dapat melahirkan satu konsep baru pengembangan MAKN Rohul.

Nurkholis berharap agar dari konsep ini, segera dibuat master plan pembangunan sarana prasarana, yang meliputi Ruang Kelas Belajar (RKB), Laboratorium, Perpustakaan, Asrama, Masjid, Lapangan Olah raga, dan sarana prasarana lainnya, untuk mendukung kelengkapan MAKN Rohul.

Master Plan tersebut agar segera dibawa ke Jakarta, untuk kita bahas bersama dengan tim yang ada di Jakarta, sehingga hasilnya lebih maksimal. Setelah itu, maka segera dilakukan lelang pembangunan sarana prasarana yang untuk tahun ini telah tersedia dananya sebesar Rp 2,5 Milliar.

Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, mengatakan bahwa konsep master plan saat ini sedang dikerjakan oleh konsultan perencana yang telah ditunjuk, dan minggu depan, Kamis tanggal 7 April 2016 akan melakukan study banding ke SMKN Bogor Jawa Barat.

Dalam study banding ini nanti, diharapkan Pgs Kakanwil Kemenag Riau yang juga Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag Riau, dan juga konsultan perencana, serta anggota tim lainnya, dapat mengikuti study banding tersebut, sehingga pada akhir bulan April, master plan MAKN Rohul sudah siap dan pembangunan gedung sudah bisa dilelang.***(rls)