MUI dan Puluhan Ormas Islam Riau Sepakat Rapatkan Barisan

MUI dan Puluhan Ormas Islam Riau Sepakat Rapatkan Barisan
MUI dan Puluhan Ormas Islam Riau Sepakat Rapatkan Barisan

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan puluhan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Provinsi Riau, terus membangun ukhuwah dan merapatkan barisan dalam merespon masalah aktual demi mempersatukan umat.

Untuk itu, MUI dan sejumlah Ormas Islam di Riau sepakat membuat forum ukhuwah yang dilaksanakan setiap bulan secara bergantian di Ormas Islam yang ada di Riau.

Seperti yang dilaksanakan tahap perdana, Jum’at (22/4/16) malam, Ikatan Masjid Indonesia (IKMI) Riau menjadi tuan rumah, pertemuan digelar di gedung IKMI Riau Jalan Todak dengan topik “Merajut Ukhuwah Dengan Dakwah”.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh Ormas Islam seperti, Pimpinan MUI Riau, Muhammadiyah, Al Washliyah, Mathla’ul Anwar, Hizbut Tahrir, IKADI, Persis, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, ICMI, KAHMI, IKMI, Pemuda Muhammadiyah, Dewan Masid Indonesia, Ittihaadul Muballighin, MAPADI dan lainnya.

Ketua Komisi Ukhuwah MUI Riau, Muhammadun sekaligus sebagai penggagas kegiatan tersebut menuturkan, terbangunnya forum ini menjawab tantangan yang begitu nyata, dalam berbagai upaya adu domba yang dikhawatirkan akan memecah belah umat Islam. Untuk itu, umat Islam harus segera merajut ukhuwah dalam aksi nyata.

MUI dan Puluhan Ormas Islam Riau Sepakat Rapatkan Barisan
MUI dan Puluhan Ormas Islam Riau Sepakat Rapatkan Barisan

Ketua umum IKMI Riau, Ismardi Ilyas, menyambut baik forum Islam ini. Dengan adanya forum Ini, diharapkan umat Islam akan bersatu dan lebih kuat sehingga tak mudah digoyahkan oleh pihak lain. “Jangan sampai kita dianggap remeh terus,” tegas Ismardi.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Umum MUI Riau, Zulhusni Domo juga menyampaikan akan betapa pentingnya persatuan umat Islam.” Kita perlu langkah nyata dari ta’aruf, tafahum hingga ta’awun dan takaaful,” ujar Zulhusni Domo.

Sementara untuk menghadapi persoalan perbedaan ( khilafiyah) di kalangan umat, Ketua Komisi Fatwa MUI Riau, Dr KH Mustofa Umar angkat bicara dan menyerukan agar umat kembali kepada tuntunan Al Qur’an.

Dia juga menekankan, perlu kebijaksanaan tingkat tinggi di kalangan pimpinan umat dan ormas Islam dalam menyikapi beragam tantangan dewasa ini.

“Kalau para pimpinan umat bersatu dengan kebijaksanaan tingkat tinggi, InsyaAllah umat pun bersatu,” tegas pakar tafsir ini, sembari berharap agar forum ini terus berkelanjutan.

Diakhir acara forum MUI-ormas Islam Riau ini bersepakat selalu konsolidasi dan komunikasi. Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di IKADI Riau.***(Heri Suryadi)