Warga Pelalawan Diteror Aksi Pembakaran Mobil. Berikut Aksinya…

Empat mobil dibakar orang tak dikenal dengan waktu hampir bersamaan
Empat mobil dibakar orang tak dikenal dengan waktu hampir bersamaan

Pelalawan –Masyarakat Kabupaten Pelalawan saat ini diresahkan dengan teror aksi pembakaran mobil. Kamis (5/5/2016), sekitar pukul 04.30 WIB, empat mobil dibakar orang tak dikenal dalam waktu kurang satu jam dalam lokasi yang tidak terlalu jauh.

Peristiwa ini terjadi ketika listrik padam, sekitar pukul 04.30 WIB, tiba-tiba warga dihebohkan adanya teriakan mobil terbakar.

Mobil pertama terbakar jenis mobil operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan jenis Toyota Hilux berplat merah BM 8001 C yang terpakir di tanah lapang di Jalan Cinta Damai, Kelurahan Kerinci Kota. Tidak jauh kemudian mobil Sedan Honda Accodr BM 1073 NS warna biru dongker milik Notaris Zulhaimi juga terbakar di depan teras rumahnya. Kemudian mobil operasional Bank BRI jenis Toyota Avanza BM 1302 CI yang terpakir depan kantor Jalan Akasia, Pangkalan Kerinci juga terbakar, serta mobil Daihatsu Terios BM 1236 CG milik Samsul Bahri di Jalan Seminai juga terbakar.

Menurut beberapa sumber dilapangan menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba saat suasana kota Pangkalan Kerinci gelap gulita, saat listrik yang dikelola PD Tuah Sekata, lagi padam. Namun saat warga lelap tertidur di kejutkan, ada mobil operasional Dishub Kabupaten Pelalawan terbakar. Tapi untung warga cepat melakukan pemadaman, setelah api mulai membakar dibagian samping kanan dan menjalan ke bagian mesin.

Kini kondisinya mesin sudah sempat terbakar yang menjalar dari ban samping kanan. Belum lagi api padam, tiba-tiba warga di hebokan kebakaran mobil notaris yang terparkir di garasinya di Jalan Cinta Damai, gang Pancabudi. Kondisi mobil sedan yang ditutup sampul terpal, hingga menjalar di bagian wifer pembersih kaca depan.

Dengan mengunakan peralatan seadaanya, api berhasil dipadamkan. Tapi selain api sudah membakar terpal penutup, juga warna mobil sebahagian telah menghitam dan wifer sudah hangus.

Selang beberapa waktu kemudian, mobil operasinal Bank BRI di Jalan Akasia, juga dibakar OTK. Petugas sekuriti bersama warga mengetahui mobil Avanza warna hitam di depan kantor berusaha di padamkan ketika api sudah mulai merembes ke dalam mesin. Selanjutnya mobil Daihatsu Terios milik Samsul Bahri juga terbakar bagian depan, saat diparkir depan rumah.

Saat berusaha dipadamkan,api sempat membakar tangan hingga mengalami luka bakar. Sedangkan mobilnya berhasil diselamatkan, walau dibagian depan sudah mulai menghitam.

Aparat kepolisian dari Polsek Pangkalan Kerinci dipimpin Kapolsek AKP Usril bersama Polres Pelalawan yang mendapat laporan pagi harinya sekitar pukul 09.00 WIB, segera turun ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP) di empat mobil yang diduga dibakar OTK tersebut.

Dari hasil olah TKP ditemukan ada bekas puntung rokok yang diduga sengaja dibuang pelaku, di tiap bagian depan mobil yang terbakar tersebut. Hingga ke empat mobil itu diduga sengaja dibakar, oleh pelaku di saat listirk padam. Termasuk di depan bank BRI yang memiliki CCTV tapi tidak aktif karena listrik mati. Hingga pelaku pembakar mobil yang diperkirakan lebih dari satu tidak terekam CCTV saat beraksi di depan Bank BRI cabang Jalan Akasia, kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan tersebut.

Kapolres Pelalwan AKBP Ade Johan Sinaga ketika dikonfirmasi Tribratanews Pelalawan melalui Paur Humas IPDA M. Sijabat, membenarkan adanya empat mobil yang ditemukan terbakar saat listrik padam. ”Kita masih menyelidiki atas dugaan pembakaran terhadap 4 unit mobil tersebut,” ujar Paur Humas.

Namun tim gabungan dari Polsek bersama Polres Pelalawan, telah turun melakukan olah TKP, dan memeriksa saksi-saksi yang di lokasi, guna mengungkap siapa pelaku dibalik teror pembakaran empat mobil di lokasi berbeda itu.
”Diperkirakan aksi itu terjadi dari pukul 03.30 WIB sampai 5.30 WIB, disaat lampu mati,” tambah Sijabat.(tri )