Murid SD HSGKU Pekanbaru Diajarkan Tata Cara Akad Perdagangan Dalam Islam

Murid SD HSGKU Pekanbaru Diajarkan Tata Cara Akad Perdagangan Dalam Islam
Murid SD HSGKU Pekanbaru Diajarkan Tata Cara Akad Perdagangan Dalam Islam

Pekanbaru(SegmenNews)- Untuk mendidik murid dalam kewirausahaan atau berdagang yang dianjurkan sesuai akad jual beli yang diajarkan dalam Islam. Sekolah Dasar Home schoolng Group Khairu ummah 40 Jalan Delima Gg.khoiru Ummah, Kecamatan Tampan Pekanbaru, Riau menggelar Market Day dilingkungan sekolah.

Kepala Sekolah HSGKU, Muhaimin SE.Sy, Senin (9/5/16) kepada segmennews.com, menjelaskan kegiatan marker day yang dilaksanakan, Minggu pagi hingga siang kemarin, berjalan sukses. Disana para murid banyak menerima pelajaran dalam akad jual beli yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

Konsep dari market day ini, berlaku sebagai pedagang adalah para murid sendiri, dimana siswa di berikan kebebesan berkreatifitas untuk menggelar dagangan yang dijual. Mulai dari makanan hingga minuman yang berkonsep thoyiban. Sebagaimana yang mereka terapkan dalam makanan yang mereka konsumsi di sekolah dan di rumah.

Selain jenis makanan, lanjut Muhaimin, ada juga murid yang menjual berbagai aneka kerajinan tangan dibuat sendiri, dan juga menjual buku buku bacaan Islami.

“Kegiatan ini dilakukan oleh semua level dari kls 1 s/d kls 5 dan para siswa juga kls 1 s/d kls 3 menyiapkan uang
Rp10.000,- dan kelas 4 dan 5 uang Rp 20.000,- uang utk membeli dagangan yang di jual teman mereka di samping warga di sekitarnya yang datang membeli dagangan para siswa, juga para wali murid ikut dalam berbagai kegiatan market day ini,” ujar Muhaimin.

Adapun esensi yang ingin di capai dari kegiatan ini, kata Muhamin lagi, adalah untuk melatih para murid berjiwa kewirausahaan sebagaimana yang di contohkan Rasulullah dan para sahabat. Sebagaimana dalam ajaran bahwa 9 dari 10 pintu rezki yang di ridhoi Allah adalah dari kegiatan usaha perdagangan.

“Alhamdulillah, para murid dan orangtua serta masyarakat setempat antusia mengikuti kegiatan market day ini. Semoga apa yang kita harapkan dapat diterima dengan baik oleh murid kita,” harap Muhaimin.***(Heri)