Timika Rusuh, Enam Rumah Warga Dibakar

Ilustrasi
Ilustrasi

Timika (SegmenNews.com)-Dua kelompok warga di Timika, Papua, bentrok. Tiga unit rumah warga di Jalan Pattimura, Gang DAB, Timika, Mimika, Papua, kembali dibakar warga Rabu (25/5/2016) dini hari.

Akibat bentrok, total ada enam rumah hangus dibajar warga. Pembakaran rumah warga berkaitan dengan dengan bentrok antar kelompok warga yang terjadi sejak Selasa 24 Mei 2016. Di mana warga dari Jalan Sam Ratulangi mencoba menyerang warga dari Jalan Busiri.

Tiga unit rumah yang dibakar merupakan rumah tinggal milik saudara Aser Parantak, Supardi Ponto dan Malber Malacopo. Menurut salah satu saksi yang berada di lokasi kejadian atas nama Aldy Parantak, peristiwa pembakaran diduga dilakukan oleh pelaku yang merupakan warga dari Jalan Pattimura sendiri, dan terdiri kurang lebih lima orang.

Pada saat pelaku melakukan aksinya, pertama-tama dilakukan dengan cara memecahkan kaca rumah lalu membakar kain gorden. Saat api menyala, pelaku kembali menyiram minyak agar api menyala lebih besar.

“Saya lagi di dalam rumah, mereka kasih pecah kaca kemudian bakar gorden. Saya sempat kasih padam apinya, tapi mereka berteriak dari luar siram lagi dengan minyak,” jelas Aldy kepada Okezone.

Lanjut Aldy, berdasarkan keterangan adiknya Reflan Parantak, sempat mengenali wajah sejumlah pelaku, sehingga diduga para pelaku merupakan warga sekitar lokasi kejadian.

“Saya punya adik ada kenal mereka, kalau lihat muka pasti tahu, itu anak-anak kompleks saja,” ujar Aldy.

Api yang tidak berhasil dipadamkan, sehingga menghanguskan tiga unit rumah yang jaraknya berdempetan satu dengan yang lainnya. Hingga pagi ini, akibat bentrok sudah terdapat enam unit rumah yang dibakar warga. Aparat dari kepolisian setempat dibantu TNI, masih berjaga-jaga di lokasi kejadian, sekaligus mengantisipasi adanya bentrok susulan antar kedua kelompok warga yang bertikai. (okz)