Oktober, Bantuan Siswa Miskin Madrasah di Rohul Dicairkan

Kasi Mapendis, Syahrudin.M.ys
Kasi Mapendis, Syahrudin.M.ys

Rohul(SegmenNews.com)- Untuk membantu pendidikan masyarakat miskin di sekolah madrasah. Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memprogramkan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Diperkirakan bulan Oktober 2016 mendatang BSM di kabupaten Rokan Hulu-Riau bakal dicairkan.

Kepala Kantor Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hsb,MA melalui Kasi Mapendis, Syahrudin.M.ys, Senin (27/6/16) menjelaskan, bahwa madrasah swasta yang terkareditasi di Rohul tahun ini masih menerima BSM.

Adapun kuota penerima BSM tahun ini yakni, 918 siswa, yang terdiri:

– 336 murid dari 19 Madrasah Aliyah (MA) masing-masing menerima Rp 1 juta  
– 348 murid dari 36 Madrasah Tsanawiyah (MTs) masing-masing menerima Rp 750 ribu
– 234 murid dari 16 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta masing-masing menerima Rp 450 ribu.

Untuk proses pencairan, kata Syahrudin, pada bulan Mei lalu, seluruh madrasah sudah mendapatkan persyaratan untuk kategori siswa yang layak menerima BSM. Diperkirakan Oktober mendatang, BSM sudah dapat dicairkan.

Sedangkan syarat penerima BSM yakni, siswa berasal dari keluarga miskin yang memiliki kartu indonesia pintar (KIP), kartu indonesia sejahtera (KIS), siswa dari anggota program keluarga harapan (PKH) dan terakhir siswa miskin yang dibuktikan dengan surat keterangan keluarga miskin dari kepala desa atau kepala madrasah.***(Fitri)