BLH Bangun Kordinasi Pembangunan Listrik Tenaga Biogas

Net
Net

Rohul(SegmenNews. com)- Untuk mengatasi krisis enegri listrik. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rokan Hulu,  Riau mengupayakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTGb) di tiga Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS).  

Saat ini,  pihak BLH masih melakukan koordinasi dengan Tiga perusahaan sawit,  Pemkab Rohul,  Pemprov Riau dan pusat.

” Kita lakukan koordinasi dengan Tiga PMKS tersebut terkait pemanfaatan Limbah Cair (Pome) untuk energi listrik yang kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Kepala BLH Rohul,  Hen Irfan,  Selasa (26/7/16).

Mantan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) ini juga menjelaskan,  tiga PMKS yang akan dibangun PLTBg yakni,  PT PNV Sei Rokan di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam,  Sei Intan, di Kecamatan Tandun dan PT Panca Surya Agrindo (PSA) di Kecamatan Kepenuhan.

“Hasil survay sementara potensi dari tiga PMKS tersebut,  sekitar 2  Mega What (MW), jika hal itu bisa terealisasi, maka kebutuhan listrik di Rohul sudah bisa teratasi bahkan untuk Provinsi Riau, nanti program ini akan terkoneksi dengan pihak PLN Rohul serta terkoordinasi dengan pihak Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Rohul,” urainya.

Terpisah, Kadistamben Rohul, Yusmar Yusuf menilai upaya pembangunan PLTBg sangat positif untuk mengatasi terjadinya krisis energi listrik, apalagi nanti dayanya bisa disumbangkan buat masyarakat.

“Oke nanti kita koordinasikan tekhnis di lapangan terkait pemanfaatan limbah cair itu, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemasalahatan masyarakat,” pungkas Yusmar. ***(Fitri)