Bupati Syamsuar Buka MTQ Kabupaten Siak ke-16 di Sei Mandau

Bupati Syamsuar Buka MTQ Kabupaten Siak ke-16 di Sei Mandau
Bupati Syamsuar Buka MTQ Kabupaten Siak ke-16 di Sei Mandau

Siak(SegmenNews. com)- Bupati Siak, Riau, Syamsuar secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Siak ke XVl, di Kecamatan Sungai Mandau Kamis 14/07/16 tepatnya di pelataran Pondok Modern Gontor Putra.

Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan  bertekad kuat untuk membangun daerahnya agar lebih berkembang, gemilang dan terbilang. Apalagi sejak didirikannya pondok pesantren modern Gontor 14.

“lni malam bersejarah, sebutnya. Karena pertama kalinya Kecamatan Sungai Mandau menjadi tuan rumah MTQ XVI tingkat kabupaten Siak. Semoga kecamatan Sungai Mandau bisa mengukir prestasi yang lebih baik,” harap Camat terbaik se kab. Siak ini.

Selanjutnya Ia menjelaskan, sesuai dengan keptusan Bupati Siak tentang pembentukan pelaksana serta petugas MTQ ke 16 dengan tujuan dan maksud yaitu terwujudnya ukuah islamiah yang mengamalkan isi serta kandungan dari  Al quran hingga dunia dan ahirat serta menjadi pedoman hidup bagi umat Islam untuk menuntun kejalan yang diridhoi oleh Allah.

Pelaksanaan MTQ ini berlangsung selama 7 hari, dimulai pada hari ini tanggal 14 Juli  hingga sampai 20 Juli 2016 dengan diawali pembukaan pawai ta’ruf, stand bazar serta pembukaan MTQ pada malam ini.

Untuk temanya  adalah “Dengan MTQ XVI Tingkat Kab Siak kita wujudkan masyarakat yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan kandungan Al Qur’an”. Tak lupa Dirinya selaku Tuan Rumah mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia  yang terlibat serta kepada jajaran pengurus pondok pesantren gontor Sungai Mandau yang ikut memberikan kontribusi.

Diakhir laporannya, Irwan mengajak kaum muslimin untuk mengamalkan Al Qur’an sebagai barometer bagi umat Islam sehingga kita dapat membedakan mana yang hak dan mana yang bathil. Dan kita selalu mendapat cucuran Rahmat dari Allah SWT,”tutupnya.

Gubernur Riau yang  diwakili oleh Arlisman Agus staf ahli Gubri bidang pembangunan saat membacakan pidato Gubernur Riau mengatakan, pelaksanaan MTQ ini merupakan media dakwah dalam membumikan serta menjadikan masyarakat madani yang di cita-citakan.

Dalam kaitan itu aspek yang diperhatikan adalah dengan meningkatkan media agama seperti pondok pesantren sehingga bisa mendorong minat masyarakat serta kaula muda dalam memahami kandungan Al Qur’an dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari,” jelas nya.

Selian itu pemerintah provinsi Riau sangat mendukung dan mengharapkan momentum ini bisa melahirkan Qori dan Qoriah dikabupaten Siak khususnya dan provinsi Riau umumnya dengan mengedapankan religius didaerah Riau ini,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar mengucapkan taniah terhadap pelaksanaan MTQ ini, hingga bisa membawa manfaat. Ini lah upaya kita untuk membumikan A qur’an ditengah masyarakat. Seyogyanya pelaksanaan MTQ ini adalah salah cara untuk pembinaan terhadap qori dan qoriah.

Selain itu ini juga sebagai menjalin dan  mempererat tali silaturahmi serta mewujudkan mayarakat yang beriman. Pemkab Siak terus mendorong perkembangan terwujudnya masyarakat yang agamis beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Apabila masyarakat tidak melanggar norma-norma agama, tentu kita bisa menciptakan masyarakat yang agamis, damai, beriman sehingga bisa memelihara perstuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mewujudkan pembanghunan yang maju dikabupaten siak,” harap Bupati.

Melalui kesempatan ini lanjut Dia, saya mengajak kita semua untuk terus membangun peradaban Islam di negeri istana ini. Dengan perkembangan teknologi saat ini, selain memiliki nilai positif juga mempunyai efek negatif. Untuk itu, mari sama-sama kita senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Saya juga mengajak masyarakat khususnya anak SMP kita untuk melanjutkan pendidikan Wustho. Karena mengandalkan pendidikan agama di sekolah belumlah cukup, pinta Syamsuar.

Banyak pondok pesantren yang didirikan, untuk itu kita harus bergandengan tangan demi kemajuan pendidikan agama di negri ini, apa lagi bisa diterapkan disetiap kampung-kampung yang ada sehingga bisa juga terwujudnya kampung sakinah. Harapannya bisa terpelihara sholat kita serta pengumpulan zakat yang saat ini kita galakkan.

“Semoga kecamatan Sungai Mandau bisa menjadi yang terbaik pada tahun ini, tetaplah semangat dan bekerja keras serta berbuat baik untuk negeri ini,” tutupnya.

Diujung acara dilakukan penyerahan piala bergilir oleh Camat Siak kepada Camat Sungai Mandau untuk diperebutkan kembali. Pada kesempatan itu  Bupati Siak Syamsuar memukul bedug tanda dibukanya MTQ kab Siak ke XVI yang didampingi oleh Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pembangunan Arlisman Agus, Wakil Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, serta Camat Sungai Mandau Irwan kurniawan.***(rinto)