Jamaah Haji Adalah Agent of Change

Ahmad Supardi bersama panitia haji Rokan Hulu
Ahmad Supardi bersama panitia haji Rokan Hulu

Rohul(SegmenNews.com)- Para Jamaah Haji (JH) sudah tiba di tanah air. Adalah elemen penting masyarakat dalam melakukan perubahan, khususnya dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.

Mereka-mereka ini dapat dikatakan sebagai agent of Change ataupun agen perubahan, yang dapat menjadi contoh teladan dan memberikan motivasi, spirit, dan inspirasi bagi masyaraklat lain, untuk selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, bukan hanya dalam bermasyarakat, tetapi juga dalam kehidupan beragama sehari-hari masyarakat.

Hal ini dirasakan sangat penting dan mendesak, sebab banyak kehidupan beragama dalam masyarakat kita, yang tidak sesuai antara ibadah ritual dengan perilaku sosialnya, sebagai contoh seseorang melaksanakan ibadah sholat lima waktu dalam sehari, sesuai dengan waktunya ataupun tepat waktu, tapi dalam kehidupan sehari-harinya tidak selalu tepat waktu.

Jika sholat secara ritual mengajarkan disiplin dan mengghunakan waktu secara optimal bagi seorang muslim, maka dampak sosialnya bagi orang yang mengerjakan sholat adalah bersifat disiplin, menghargai waktu, dan yang lebih penting lagi menggunakan serta memanfaatkan waktu secara maksimal sesuai dengan tuntunan ilahi.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini, lebih lanjut mengatakan bahwa pihaknya akan memberdayakan secara maksimal para JH Rohul ini, untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembinaan dan pemberdayaan umat Islam.

Mereka-mereka ini adalah termasuk kelompok elit dalam masyarakat, dimana mereka telah menunaikan lima rukun islam secara sempurna, sementara kebanyakan umat islam lainnya, baru melaksanakan empat rukun Islam. Mereka dari sisi ekonomi juga termasuk kategori menengah ke atas, sebab kalau orang miskin tidak mungkin melaksanakan ibadah haji, kecuali ada pertolongan khusus dari Allah SWT.

Untuk itu, Ahmad Supardi yang alumni Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kab Mandailing Natal Prov Sumatera Utara ini, akan menghidupkan kembali organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab Rohul, yang akhir-akahir ini agak pakum kegiatannya, sehingga para anggota dapat diberdayakan untuk kepentingan umat, baik dalam hal kualitasnya maupun amal sosialnya.

 Ketika ditanya tentang keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam pemberangkatan dan pemulangan haji tahun ini, Ahmad Supardi menyataklan bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun ini, sejak pemberangkatan, pelaksanaan di tanah suci, sampai dengan pemulangan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya keluhan yang berarti dari para JCH/JH, termasuk dalam hal penerbangan, yang menggunakan pesawat Saudi Arabian Air Lines. Kita mencatat bahwa penerbangan tepat waktu, bahkan lebih cepat 1 jam 36 menit dari jadwal kedatangan, yakni 14.30 Wib.

Hal ini menandakan bahwa penerbangan berjalan dengan aman dan pelayanan panitia juga terlaksana dengan sangat baik, ujar Ahmad Supardi. ***

Oleh: Kakan Kemenag Rokan Hulu, Riau, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan,MA