Gubri Buka Festival Siak Bermadah ke 14

Gubri  Buka Festival Siak Bermadah  Kab Siak ke 14
Gubri Buka Festival Siak Bermadah Kab Siak ke 14

Siak(SegmenNews.com)- Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rahman secara resmi membuka ivent Festival Siak Bermadah Ke 14 Tahun 2016 bertempat di halaman belakang Gedung Lembaga Adat Melayu Siak Senin 10 Oktober 2016.

Guna melestarikan seni Budaya Melayu, Kabupaten Siak kembali menggelar Festival Siak Bermadah ke 14 ditahun 2016 dengan tujuan guna melestarikan budaya bangsa terutama kebudayaan melayu yang ada di Provinsi Riau ini.

Sebagai konsistensi Festival Siak Bermadah juga merupakan kerangka pembangunan kepariwisataan yang dilakukan melalui penerapan nilai dan seni budaya.

Hal tersebut yang dikatakan oleh Hendrisan selaku Panitia pelaksana serta juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga  Hendrisan S.Sos. MS,i

Hedrisan juga mengatakan, selain itu,konsistensi Festival Siak Bermadah ke 14 di Kabupaten Siak ini, juga merupakan sebagai kerangka pembangunan kepariwisataan memiliki peran yang sangat penting untuk pariwisata. Terutama terhadap penerapan nilai seni budaya lokal yang ada hingga saat ini serta juga sebagai bagian dari peningkatan terhadap  Pariwisata di Kabupaten Siak.

Sebagai mana yang menjadi tajuk tahun ini yakni adat dijunjujung budaya disanjung kata Hendrisan, malam Festival Siak Bermadah ini ditandai dengan keikut sertaan Festival Siak Bermadah internasional dengan berbagai lomba yang akan ditampil kan.

Partisipasi Festival Siak Bermadah  Internasional menunjukan adanya penigkatan dari tahun sebelum nya, yaitu dengan di ikuti dari negara Thailand sebanyak 26 orang peserta, dari Negara Singapur sebanyak 9 orang Peserta, Negara Malaysia 4 orang peserta dan dari  Negri 9 sebanyak 6 orang Peserta.untuk dari dalam Negri sendiri di ikuti dari  Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu serta Kepulauan Riau, Provinsi Sumatra Utara dari Kabupaten Batubara.

Sedangkan untuk Kabupaten/ kota Se Provinsi Riau yaitu dari Kabupaten kuantan singingi, Kabupaten Rokan  hilir dan Pekanbaru.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MS,i dalam pidato nya mengatakan, berhimpun nya semua menunjukan erat dan dekatnya bersama seluruh pencita Budaya dinegara ini maupun di Negara Asean.

“Ini terbukti dengan meyatukan kita semua pada malam Festival Siak Bermadah ke 14 pada malam ini.ini lah yang perlu kita lakukan sebagai bangsa yang melstarikan indentitas bangsa ini.selain itu kehadiran dari Duta seni yang hari ini bisa bersama sama di sini yang sekarang ini sedang menggelorakan semangat The Homeland Of Melayu(Tanah tumpah darah melayu)  dengan spirit yang kami galakan di Provinsi Riau yang menjunjung tinggi sebagai melestarikan pusat kebudayaan melayu di Provinsi  Riau ini,” jelas Bupati Syamsuar.***(Rinto)