Polres Kampar Gelar Operasi Cipta Kondisi dan Operasi Yustisi Serentak

Kampar

Suasana razia Polres Kampar.tribrata
Suasana razia Polres Kampar.tribrata

 (SegmenNews.com) – Polres Kampar dan seluruh Polsek Jajaran menggelar Operasi Cipta Kondisi (Ops Cipkon) dan Operasi Yustisi Terpadu. Untuk pelaksanaan Operasi Yustisi ini, selain diikuti Personil Polres Kampar dan Polsek Jajaran juga diikuti personil dari Satpol PP Jajaran Pemda Kampar. Sabtu (15/10).

Adapun tempat dan lokasi yang menjadi sasaran operasi antara lain warung-warung yang menyediakan minuman keras atau diduga sebagai tempat prostitusi terselubung dan peredaran narkoba, penginapan, warnet, arena permainan Bilyar serta tempat lain yang memiliki kerawanan Kamtibmas.

Untuk di wilayah Polsek Jajaran, pelaksanaan operasi dipimpin langsung oleh Kapolseknya, sementara untuk wilayah Kota Bangkinang dan sekitarnya dipimpin oleh Perwira Pengawas Polres Kampar, Iptu Khairulnas didampingi Kanit Sabhara Polsek Bangkinang Kota Ipda Yulizar.

Saat pemantauan kegiatan di wilayah Kota Bangkinang, petugas gabungan ini mendatangi beberapa warnet yang masih buka jelang tengah malam dan merazia beberapa penginapan serta arena permainan Bilyard.

Saat petugas mendatangi salahsatu penginapan, ditemukan pasangan bukan suami istri yang menginap di tempat tersebut, petugas kemudian membawa pasangan tersebut ke Polres Kampar untuk dilakukan pembinaan dan pendataan. Petugas juga melakukan penertiban balap liar yang sering diadakan dimalam liburan

Dalam setiap pertemuan dengan warga masyarakat dalam kegiatan ini juga disampaikan pesan-pesan kamtibmas agar tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan mengajak warga untuk turut menjaga Kamtibmas.

Sementara itu dalam waktu bersamaan Polsek-polsek Jajaran Polres Kampar juga melakukan kegiatan yang sama, dari sejumlah kegiatan yang dilakukan Polsek Jajaran ini telah ditertibkan beberapa warung yang menyediakan minuman tradisional Tuak yang termasuk dalam kategori minuman yang memabukkan. Selain menyita beberapa jerigen munuman tuak ini, petugas juga meminta pemilik warung untuk tidak lagi menjual minuman tuak tersebut. Sejumlah pengunjung juga dirazia untuk mengantisipasi peredaran narkoba termasuk juga kepemilikan senjata tajam dan senjata api ilegal, namun dari sejumlah tempat tidak ditemukan benda atau barang-barang tersebut.

Pelaksanaan Operasi Cipkon dan Yustisi ini berlangsung hingga memasuki dinihari, semua rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi dan Yustisi ini sebagai Implementasi Program Prioritas Kapolri tentang penguatan pemeliharaan Kamtibmas. Selain itu Jajaran Polres Kampar ingin mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada Kampar tahun 2017 yang tinggal beberapa bulan lagi.(tbn)