Seru…Pejabat Rohil Main Egrang

Seru...Pejabat Rohil Main Egrang   
Seru…Pejabat Rohil Main Egrang

Rohil(SegmenNews.com)- Dalam rangka memeriahkan (HUT) Kabupaten Rokan Hilir yang ke-17 tahun 2016, Plt Setda Rohil Drs, H Surya Arfan Msi didampingi Asisten III Ali Asfar S,Sos  resmi membuka empat perlombaan permainan.

Perlombaan itu dipusatkan ditaman wisata parit bay Park,  Jalan bahagia ujung, Bagansiapiapi, Minggu (2/10/2016) pagi dengan dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai pelosok memadati kawasan Parit Bay Park.

Dalam acara pembukaan perlombaan permainan tradisional rakyat tersebut  turut dihadiri Asisten III Bidang Kesra Setdakab Rohil H Ali Asfar S Sos Msi, Anggota DPRD Rohil H Tatang Hartono SE, Danposal Bagansiapiapi Letda Laut (P) Ari Solikhin, Kabag Pengolahan Data Elektronik (PDE) Drs H Indra Putra Jaya Msi, Sekcam Bangko Rijalul Fikri SE, dan undangan lainnya.

Diempat perlombaan permainan tradisional rakyat itu yakni lomba panjat batang pinang, Pacu sampan, Engkrang, dan Bakiak. Sementara tujuan diselenggarakannya perlombaan ini selain memeriahkan Hut Rohil juga sebagai salah satu upaya untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, “Kata Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi.

Ia mengatakan kalau perlombaan tradisional rakyat ini rutin dilakukan oleh Pemkab Rohil setiap tahunnya terutama dalam memeriahkan Hut Rohil. Namun, tahun ini acaranya sangat meriah dan bisa dikatakan sepuluh kali lipat baik peserta maupun masyarakat yang menyaksikan perlombaan.

“Untuk perlombaan panjat batang pinang saja pesertanya sampai 44 kelompok, Pacu sampan 54 kelompok, ditambah dengan peserta permainan tradisional engkrang dan bakiak yang jumlah pesertanya juga sangat banyak,” kata Surya Arfan.

Khusus untuk perlombaan panjat batang pinang sebutnya, Pemkab Rohil memang menyiapkannya sebanyak 17 batang sesuai dengan umur .

“Perlombaan permainan panjat batang pinang berkelompok itu memang telah kita siapkan jauh-jauh hari, karena batang pinangnya cukup banyak disertai dengan hiasan berbagai hadiah menarik diatasnya, “ujarnya.

Surya juga meminta kepada petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Rohil beserta masyarakat untuk saling menjaga ketertiban dan keamanan.

“Mari kita bersama-sama saling menjaga demi ketertiban dan kesuksesan acara ini, karena negeri berjuluk seribu kubah ini bukan hanya milik pemerintah melainkan milik seluruh masyarakat Rohil, “pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Bagan Kota (Iwan) yang berhasil mendapatkan hadiah panjat batang pinang sempat berbincang dengan wartawan ini disela-sela acara mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini.

“Kami senang dengan adanya berbagai perlombaan yang digelar oleh Pemerintah,” ujarnya.
“Meski dengan susah payah dan banyak kejadian lucu selama perlombaan. Alhamdulillah regu kami berhasil mendapatkan hadih atas kerjasama kami dengan teman-teman, ” ujarnya.
Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Bagan Kota (Iwan) yang berhasil mendapatkan hadiah panjat pinang sempat berbincang dengan wartawan disela-sela acara mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ini, “kami senang dengan adanya berbagai perlombaan yang digelar oleh Kecamatan Bangko”, ujarnya.
“Meski dengan susah payah dan banyak kejadian lucu selama perlombaan.“ Alhamdulillah regu kami berhasil mendapatkan hadih atas kerjasama kami dengan teman-teman.
Sementara itu, ibu-ibu yang menonton kegiatan tersebut merasa senang dengan kegiatan ini, ketika wartawan ini menanyakan apa yang menarik di dalam perlombaan tersebut.
 (Imis) warga Jalan Bahagia dirinya menjawab dengan semangat, perlomaan ini yang menarik yakni panjat patang pinang. Sebab banyak yang lucu dari perserta, ada yang celananya melorot, ada ada juga perasaan tegang ketika ibu-ibu maupun para remaja hamper mencapai hadih yang digantung diatas pinang, apa lagi melihat peserta yang hamper sampai kepuncak harus merosot lagi kebawah karena pondasi yang dibawahnya sudah tak kuat.

Tambahnya kami warga disini berharap kepada Pemerintah kedepannya kegiatan ini akan berlangsung secara berkesinambungan dengan hadih yang insya allah akan bertambah untuk selanjutnya.***(Chandra)