Waduhh…Dalam Sepekan 4 Pejabat Tertipu Orang Mengaku Pejabat Polisi. Begini Ceritanya….

Ilustrasi
Ilustrasi

Pontianak (SegmenNews.com) – Seeorang yang tak dikenal mencatut nama perwira di Polda Kalimantan Barat untuk meminta uang kepada sejumlah pejabat di provinsi tersebut. Nama yang dicatut mulai dari Direktur Reserse Khusus Polda Kalbar hingga Kasat Reskrim Polresta Pontianak.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Suhadi SW mengatakan, dalam sepekan terakhir pihaknya telah menerima empat pengaduan bahwa ada yang meminta uang maupun tiket pesawat kepada calon korbannya seperti bupati, kepala dinas hingga pegawai negeri sipil (PNS).

“Mereka ditelefon dan dimintai sejumlah uang oleh seseorang yang mengaku Direktur Reserse Khusus Polda Kalbar. Katanya, uang itu agar kasus yang sedang ditangani Polda Kalbar tidak dilanjutkan,” katanya, Jumat (11/11/2016).

Dalam pengaduan tersebut juga dijelaskan bahwa ada seseorang yang mengaku sebagai Kasubdit Tipikor Dit Reskrimsus Polda Kalbar, AKBP Permadi. Ia menelpon calon korban menggunakan nomor 085263087399.

“Si pelaku mengaku sebagai AKBP Permadi dan meminta uang tiket untuk membawa pasukan ke Jakarta. Uang tersebut diminta transfer ke nomor rekening 108001478865-8 atas nama Briptu Gema Dian Permadi,” jelas Suhadi.

“Saat itu calon korban menjawab sedang rapat. Namun, pelaku memaksa untuk segera dikirimkan uang yang dimintanya sambil marah-marah kepada calon korban,” lanjutnya.

Karena curiga, calon korban melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polda Kalbar. Hal serupa juga terjadi terhadap kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Ia ditelefon seseorang yang mengaku AKBP Permadi dengan menggunakan nomor telepon berbeda yakni 085263087399.

“Pelaku meminta sejumlah uang, namun calon korban sudah mengetahui kalau itu penipuan, makanya tidak dilayani,” ujar Suhadi.

Di lain hal, ada juga yang mengaku Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota, Kompol Andi Yul Lapawesean dalam pesan singkat yang dikirim ke Sekwan Kubu Raya sebanyak empat kali.

Dalam pesan singkat itu, pelaku awalnya menyapa Sekwan dan mendoakan agar Sekwan sehat selalu. Kemudian, pesan singkat kedua, atas nama pribadi sebagai Kasat Serse mengucapkan terima kasih kepada Sekwan yang membantu kelancaran kinerja Polri dan pada prinsipnya saling membantu kalau ada masalah.

“Setelah itu pelaku mengirim pesan singkat ke Pak Sekwan, yang isinya nomor rekening Bank Mandiri 108-0014-78865-8 atas nama Briptu Pol Gema Dian Permadi. Dengan tujuan meminta uang untuk membeli tiket 10 personil untuk berangkat ke Jakarta,” katanya.

Polisi masih menyelidiki laporan tersebut. “Tim tengah melacak dan kerja sama dengan Polda lain untuk menangkap pelaku,” tegasnya.

“Agar tidak menjadi korban penipuan, lakukan cek dan ricek terhadap pejabat Polda yang bersangkutan,” imbaunya. (okz)