Jelang Awal Tahun 2017, Assosiasi Migas Riau Taja Berbagai Kegiatan

Jelang Awal Tahun 2017, Assosiasi Migas Riau Taja Berbagai Kegiatan
Jelang Awal Tahun 2017, Assosiasi Migas Riau Taja Berbagai Kegiatan

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Menjelang awal tahun 2017 Assosiasi Migas Riau (AMR) akan menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari Training, cerdas cermat, penyerahan bea siswa hingga Simposium.

Wacana, kegiatan dimulai pada bulan Desember 2016 hingga Januari 2017 mendatang.

Kegiatan tersebut diantaranya, Training PE For Non PE (Petroleum Engineering for Non Petroleum Engineer) secara internal (khusus untuk anggota AMR), akan digelar pada tanggal 2, 3 dan 4 Desember mendatang.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahan mengenai ilmu dasar di bidang perminyakan bagi anggota AMR yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknik perminyakan (petroleum engineering).

Manfaatnya adalah agar semua anggota AMR memiliki pemahaman yang cukup dan serupa sehingga mampu mengerti mengenai kegiatan di bidang Migas.

Hal ini dilaksanakan mengingat keragaman latar belakang pendidikan masing-masing anggota, yang di antaranya berasal dari lulusan pendidikan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia dan sebagainya.

Walau begitu sebagian anggota juga sempat mendapatkan pengalaman bekerja dan terjun langsung di sektor hulu dunia perminyakan.

“Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa dunia Migas tidak hanya diisi oleh orang-orang dengan latar belakang pendidikan teknik perminyakan saja, akan tetapi juga berasal dari multi disiplin keilmuan,” sampai Panitia Pelaksana Divisi Humas, Yusuf Syarif.

Selain mengadakan training, lanjut Yusuf, AMR juga akan menggelar Lomba Cerdas Cermat antar SMK binaan AMR yang selama ini secara terjadwal mendapatkan kunjungan dan kuliah berbagi pengetahuan dalam kegiatan kunjungan yang dilakukan AMR.

Tujuan dimasukkannya lomba cerdas cermat ini ke dalam agenda acara AMR adalah untuk melihat seberapa jauh serapan siswa dan siswi SMK binaan AMR dalam menyerap materi yg telah disampaikan oleh para praktisi.

“Agenda ini insyallah akan diadakan pada minggu kedua bulan Desember 2016 dengan puncak acara diisi dengan pegelaran Simposium pada pertengahan bulan Januari tahun 2017 dengan tema “Riau Menuju Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Migas Nasional”,” jelasnya.

Nantinya, kata Yusuf, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian beasiswa kepada siswa/wi berprestasi dari SMK Binaaan AMR. Dipuncak acara juga dilangsungkan Pengukuhan Pengurus dan Anggota dengan menghadirkan Dewan Pelindung, Dewan Pembina dan juga instansi-instansi terkait.***(Heri Suryadi)