Pemkab Siak Gandeng Tim Psikologi Angkatan Darat Bandung

Pemkab Siak Gandeng Tim Psikologi Angkatan Darat Bandung
Pemkab Siak Gandeng Tim Psikologi Angkatan Darat Bandung

Siak(SegmenNews.com)- Bupati Kabupaten Siak, Syamsuar buka secara resmi kegiatan Assessment Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2016 diruang rapat Raja Indra Pahlawan, selasa (1/11/16).

Beliau berpesan agar para peserta Assasment bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini.

Demi menciptakan aparatur yang profesional, berkopetensi, berprestasikerja dan sesuai dengan tingkat Jabatannya tanpa memandang jenis kelamin, agama, Suku dll  guna mewujudkan pelayanan yang baik terhadap masyarakat, Pemerintah Kabupaten Siak mengadakan Assasment Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang langsung bekerjasama denganDinas Psikologi Angkatan Darat Bandung.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peningkatan kemampuan pejabat struktural dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak dari aspek psikologis, mental dan kapabelitas akan semakin baik” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah Lukman.

Kegiatan Assisment ini laksanakan selama tiga hari terhitung mulai tanggal 2 November sampai dengan 5 november 2016 di Hotel Grand Mempura dan diikuti oleh 83 orang peserta.

Pelaksaaan Assessment ini merupakan implementasi dari UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 15 Tahun 2014 Tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Senada dengan itu, Bupati Siak Syamsuar mengatakan kepada parapeserta agar mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan psikologi ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab agar hasil yang didapatkanbisa memuaskan.

“Pada kesempatan tahun lalu, tidak semua peserta yang serius mengikuti kegiatan ini dan hasilnya tidan semua yang memperoleh hasil memuaskan. Akan tetapi untuk tahun ini, tesnya berbeda dengan tahun sebelumnya jadi diharapkan agar semua peserta serius mengikutinya” harap bg Syam.

Selain itu, beliau juga menyinggung sedikit tentang kedisiplinan PNS yang berada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

“Saya kemarin sudah berdiskusi dengan Kemempan, mereka menegaskan jangan sampai adanya pungutan liar di Kabupaten Siak terhadap pelayanan kepada masyarakat, kemudian penyalahgunaan narkoba dan terhadap PNS yang tidak disiplin, berkinerja buruk dan tidak bertanggung jawab akan segera diberhentikan” tegasnya.

Kemudian, Dinas Psikologi Angkatan Darat Bandung yang sekaligus Ketua Tim Assesment Jabatan Tinggi Pratama Kolonel Anshari Joni menjelaskan sedikit tentang kegiatan tersebut.

“Kegiatan akan kita awali dengan Psikometri atau mengukur potensi kita karna ini bisa berubah-ubah, Group Discussion disini kita akan mendiskusikan suatu masalah dan mengambil keputusan terhadap masalah tersebut, kemudian kita akan adakan wawancara sesuai dengan pekerjaan bapak dan ibuk masing-masing dan masih banyak lagi tes yang akan kami lakukan,” jelas Kolonel itu.

Diharapkan kepada bapak dan ibuk selama mengikuti kegiatan ini dengan hati yang senang, iklas dan bersemangat. Karna untuk satu kali tes akan memakan waktu lima sampai dengan enam jam, tutupnya sambil tersenyum.***(Rinto)