Mar’ie Muhammad Mantan Menteri Keuangan Meninggal DuniaDunia

Mar'ie Muhammad
Mar’ie Muhammad

 Jakarta (SegmenNews.com) – Mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto (1993-1998), Mar’ie Muhammad, telah meninggal dunia. Almarhum mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (11/12/2016), sekira pukul 01.37 pagi tadi.

“Innalillahi wainnailaihi Roji’un. Telah meninggal dunia Bp. Mar’ie Muhammad pada hari Minggu 11 Desember 2016 pukul 01.37 WIB. Alamat duka jl Taman Brawijaya 3 nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Semoga Bp. Mar’ie Muhammad mendapatkan husnul khotimah. Aamiin yaa Rabbal Aalamiinn,” demikian informasi yang diperoleh Okezone, Minggu (11/12/2016).

Semasa menjabat sebagai Menteri Keuangan, pria kelahiran 3 April 1939 ini dikenal dengan sebutan Mr Clean. Dia juga pernah mengabdikan diri sebagai Dirjen Pajak tahun pada 1988-1993.

Kejujurannya Harus Diteladani Pejabat Negara

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, banyak hal yang bisa dicontoh dari Almarhum Mar’ie. Pengalaman hidupnya yang penuh kegigihan dan dan kejujuran dalam membangun bangsa patut ditiru generasi saat ini

“Beliau adalah orang yang mendaki karier dari pegawai muda, mantan aktivis tahun 1966 sampai akhirnya menjadi menteri tertinggi di eksekutif ya, tetapi tetap menjaga kejujuran, menjaga kelurusan dalam keadaan apapun, ini hal-hal yang mulai langka,” kata Sudirman di Rumah Duka Mar’ie Muhammad di Jakarta, Minggu (11/12/2016).

Dia juga berharap agar seluruh pejabat negara bisa mengikuti jejak keteladanannya. Dibutuhkan banyak sosok seperti Mar’ie untuk membenahi negara saat ini

“Jadi kalau kita mau berkaca bagaimana menjadi birokrat karier, menjadi penyelenggara negara yang baik, Pak Mar’ie adalah contohnya,” lanjut Sudirman.

Atas wafatnya mantan Menteri Keuangan itu dia juga mengungkap rasa kehilangan yang cukup besar. “Kita kehilangan besar ya salah satu panutan kita, orang yang sangat sederhana hidupnya tapi dalam soal perjuangan dan idealisme dipegang teguh sampai akhir hayat,” tambahnya.(okz)

Redaktur: Achir