Program Bibit Sawit Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Dumai(SegmenNews.com) – Wali Kota Dumai Zulkifli As menilai program gerakan tanam serentak bibit kelapa sawit dapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani dengan bibit unggul dan berkualitas.

Selain itu, program dicanangkan Pemprov Riau ini bisa berdampak baik bagi petani kebun kelapa sawit karena diperuntukkan khusus perkebunan masyarakat yang tergabung dalam usaha perkebunan kelompok tani.

“Ini juga sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani, pedagang dan industri rumah tangga,” kata Zul As, Selasa.

Program pertanian yang juga selaras dengan visi misi daerah mewujudkan Dumai menuju masyarakat makmur dan madani ini diharapkan mendapat dukungan berbagai pihak, misal dengan keseriusan kelompok tani dalam memanfaatkan dan mengolah agar nantinya terus berkelanjutan.

Diharapkan kedepan agar peningkatan di sektor pertanian dan perkebunan di Dumai menjadi labih baik, kemudian ada peningkatan sosialisasi serta pelayanan penyuluh pertanian kepada masyarakat kelompok tani.

“Semoga apa yang dicitakan dapat terwujud, sehingga nantinya dapat dinikmati anak cucu kita,” sebutnya.

Sementara, Kadis Perkebunan Riau Ferry HC Ernaputra mengimbau petani agar melakukan persiapan matang mulai dari pembibitan hingga ke masa panen, yakni dengan pemilihan bibit sawit berkualitas.

Dari hasil peninjauan pihaknya, ditemukan banyak petani sawit masih menggunakan bibit tidak berkualitas baik, tidak original, sehingga hasil panen tidak memuaskan. “Kita akan terus akan melakukan pengawasan terhadap kelompok tani mulai dari penanaman bibit hingga masa panen,” kata Ferry.***(mcr)