Diprediksi, Musim Kemarau Tahun 2017 Lebih Ekstrim

Ilustrasi

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Provinsi Riau pada tahun 2017 mendatang akan mengalami cuaca dan iklim yang lebih ekstrim dibandingkan tahun 2016. Sehingga, BPBD Provinsi Riau diharapkan cepat tanggap dalam mencegah dan menanggulangi bencana.

“Prediksi BMKG, iklim 2017 lebih ekstrim dari 2016. Makanya perlu pencegahan lebih awal karena bulan Februari akan masuk musim kemarau terutama di pesisir timur wilayah utara,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin mendampingi Direktur Pengendalian Karhutla Kementerian LHK, Raffles Brotestes Panjaitan di ruang Melati, Kantor Gubernur Riau, Selasa (27/12/2016) siang.

Ia memaparkan, pola arah angin pada bulan Februari akan berubah seperti halnya dari timur laut ke barat daya menuju ke Pekanbaru. Sehingga, apabila di wilayah tersebut sudah mulai kemarau, maka seluruh wilayah harus waspada.

“Tidak terlalu kering tapi harus waspada. Mungkin akhir Januari udah bisa rapat evaluasi kondisinya bagaimana,” tuturnya.***(mcr)