Jelang Operasi Liong, Kapolres Dumai Gelar Rakor Lintas Instansi dan Organisasi

Rapat koordinasi

Dumai (SegmenNews.com)-Kapolres Dumai, AKBP Donal Happy Ginting, memimpin rapat koordinasi lintas intansi dan lintas organisasi masyarakat Tionghoa,  Jumat (27/1/2017). Hal ini dalam rangka persiapan Operasi Liong 2017 untuk pengamanan Imlek 2568 Kongzili tahun 2017.

Kapolres Dumai, AKBP Donal Happy Ginting,  pada kesempatan ini mengatakan, pihak kepolisian bakal mengawal rangkaian Imlek di Kota Dumai. Bahkan tidak ada pembatasan terhadap jadwal rangkaian ritual Imlek yang sudah dimulai sejak Jum’at malam.

Pengamanan dilakukan berlapis melibatkan Polres Dumai, Polsek, Kodim, Koramil, Satpol PP Dumai dan Dinas Perhubungan Dumai.

“Seluruh kegiatan di klenteng wajib dijaga personel minimal dua personel. Seperti di Klenteng Hock Liong Kiong

Ketua PSMTI Dumai, Bambang, mengimbau agar masyarakat Tionghoa tetap menjaga situasi perayaan Imlek agar kondusif.

Wakil Ketua Ikatan Keluarga Masyarakat Tionghoa Dumai (IKMTD), Acong Effendi mengatakan bahwa pada Sabtu besok digelar ritual dimulai pukul 07.00 hingg 17.00 WIB. Sebab ritual berkesinambungan, mereka bergantian untuk melakuka  ritual.

Sedangkan pada 1 Februari 2017 malam digelar hiburan musik artis mandarin. 2 Februari 2017 akan digelar pada 07.00 WIB hingga selesai dan malam digelar penutupan ritual sejak pukul 19.00 WIB.

Ia juga menyebut kegiatan pawai tidak digelar pada tahun ini dan juga lomba lampion tidak digelar. Pada Cap Go Meh tidak digelar pawai lampion.

Kemudian untuk masyarakat yang hendak merayakan Sembahyang Tuhan, untuk tidak menyalakan kembang api.

Walubi, Bujang Alwi nanti sembahyang mulai nanti Jum’at malam di Vihara Mudita Maiterya Jalan Kamboja, Kota Dumai.

Kapolsek Dumai Barat, Kompol Rizky Siregar mengatakan ada sejumlah klenteng yang menggelar Imlek, ia mengimbau agar pengurus klenteng bisa memberi informasi untuk menjaga situasi keaman di seluruh klenteng.

Kasat Intelkam Polres Dumai, AKP Dedi Susanto mengatakan bahwa kembang api bisa dinyalakan, namun jangan sampai terjadi kelalaian.

Pada kesempatan tampak hadir Kompol Sasli Rais (Kabag Ops Polres Dumai), Kompol Rizky Siregar (Kapolsek Dumai Barat ), Kapten (arh) Yusli (Pasi Ops Kodim 0320 Dumai), serta perwakilan organisasi Tionghoa di Dumai.***(achir)