Warga Siak Dihimbau Tak Terprovokasi Isu Pemecah Belah Persatuan

Warga Siak Dihimbau Tak Terprovokasi Isu Pemecah Belah Persatuan

Siak(SegmenNews.com)- Ribuan warga ramai memadati kelenteng Hock Siu Kiong guna menyaksikan dan memeriahkan malam Cap Go Meh sebagai penutup tahun baru Imlek 2568 di Kabupaten Siak.

Bupati Siak Syamsuar, Sabtu (11/2/17) melantunkan sebuah lagu melayu berjudul fatwa pujangga usai membuka kemeriahan malam warga tionghoa yang ditandai dengan ratusan letusan kembang api. 

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan Siak sebagai negeri melayu, namun didalamnya terdiri dari berbagai suku dan agama. Tak lupa ia berikan apresiasi kepada masyarakat  yang mau menjaga suasana aman dan kondusif di negeri istana itu. 

“Mari kita pelihara persaudaraan, persatuan dan kesatuan kita. Jangan terpengaruh dengan isu-isu yang ingin memecah belah persatuan bangsa kita ini,” pintanya. 

Dia juga berharap warga etnis Tionghoa yang ada di Kabupaten Siak membuka diri terhadap rencana pemerintah untuk menjadikan kelenteng Hock Siu Kiong sebagai salah satu objek wisata.

Karena selain usianya yang sudah ratusan tahun, tentu juga banyak sejarah dan peninggalan-peninggalan didalamnya. Sehingga wisatawan tertarik untuk mengetahuinya.

Setiap tahun festival budaya warga keturunan ini dipusatkan di pelatarang Kelenteng Hock Ciu Kong kota Siak.

Seolah punya daya magnet tersendiri sehingga mampu membuat ribuan masyarakat kota Siak dan sekitarnya datang menyaksikan kemeriahannya. Selain itu letak bangunan tua tersebut berada cukup dekat dengan turap singapur, sehingga menguntungkan bagi wisatawan yang datang.***(Rinto)