11 Dewan Pendidikan Rohul Terpilih Akan Teken Fakta Integritas, Berikut Namanya

11 Dewan Pendidikan Rohul Terpilih Akan Teken Fakta Integritas, Berikut Namanya

Rohul(SegmenNews.com)- Pl Bupati Rokan Hulu, Riau, H Sukiman menetapkan 11 orang terpilih sebagai anggota dewan pendidikan periode 2017-2021 mendatang.

11 orang terpilih tersebut berdasarkan seleksi beberapa waktu lalu. Dari 29 peserta ikut tes, hanya 22 orang yang lulus, namun dikerucutkan lagi berdasarkan rating tertinggi, sehingga yang terpilih hanya 11 orang.

Sementara 11 orang lagi, kata Plt Bupati Sukiman, Jum’at (17/2/17) akan dijadikan sebagai cadangan diperiode yang sama.

Ketua Pansel Dr. Adolf Bastian, M.Pd didampingi panitia seleksi lainnya  Drs. Yuni Syafrin, MM, H. Zulkifli MM Pd juga menjabat Plt Disdikpora Rohul, Ahmad Jadi, Ir. H. Sayutinur, M.P, dan Mintareja, S.Fil mengatakan, 22 Calon yang di ajukan kepada Plt Bupati Rohul, berdasarkan hasil pleno Pansel Dewan Pendidikan Kabupaten Rohul Selasa, Tanggal 14  Februari 2017 tentang hasil seleksi penyampaian dan pendalaman visi misi calon yang sudah disampaikan sebelumnya.

Berikut nama 11 orang anggota dewan pendidikan terpilih:

1. Rivi Antoni M. Pd
2. Abdul Hamid Daulay SE
3. Drs. H. Zaininur, 4. Jamrom A. Ma. Pd,
5. Mukhas S.Pd, 6. Edi Zulman, S. Sos, 7. Berlian, S.Ag, 8. Risa Anggraini S.Km, 9. Zulkifli S.Pd
10. Khoirul Bariyyah S.Sos.i
11. Buaminto.

Sedangkan untuk cadangan:
1, H. Suardi Bakhtiar Ls
2. H. Asrijal, SH
3. Muhd. Hani S.Pd, MM Pd
4. Agus Triyono, S.Sos, M.Pd
5. Nurdin S.Hum
6. H. Zulfikar, M.Pd
7. Dahri Pulungan, S.Sos
8. Elmi Hayati M.Pdi
9. Nurlaili Sa’Aditia, S.Pdi
10. Masri Syukur, S.Pdi
11 H. Syahrul, SH, MM, Pd.

“Nama, – nama tersebut adalah merupakan perwakilan dari berbagai unsur dan Komponen Masyarakat serta Tokoh/Praktisi seperti yang tertuang dalam PP nomor 17 Tahun 2010,” kata Ketua Pansel

Selanjutnya untuk 11 orang nama  ini akan menandatangani Fakta Integritas.  Yang dilanjutkan pemilihan atau pembentukan struktur, mulai dari Ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara serta bidang-bidang sesuai dengan peran dan fungsinya yang dilakukan di in­ternal dewan pendidikan terpilih.

“Untuk pembentukan struktur secepatnya dilaksanakan, nantinya akan difasilitasi oleh panitia seleksi bersama-sama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rohul,” tandasnya.

Adolf menjelaskan, Dewan Pendidikan merupakan badan yang bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan satuan pendidikan maupun lembaga pemerintah lainnya. Yang  bertujuan untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan.

“Peran yang dijalankan Dewan Pendidikan adalah sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan,” tuturnya.

“Kita mengharapkan bahwa Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu kalau sudah terbentuk nantinya, dapat berperan dan berfungsi sesuai dengan yang diinginkan dalam upaya peningkatan layanan (akses) dan Mutu Pendidikan di Wilayah Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk ini. serta tidak menyimpang sesuai dengan ketentuannya,” tambah Adolf lagi.

Sementara itu, salah satu Pansel  dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mintareja, S.Fil  selain  mengucapkan terimakasih, dirinya mengapresiasi seluruh peserta. Karena semangatnya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan pada visi misinya.

“Namun, kami Panitia Seleksi, sifatnya menyeleksi dan mengajukan nama, Keputusan kepada Plt Bupati Rohul,” Ucapnya.

Dijelaskannya, proses penjaringan sudah terlaksana dengan transparan, akuntabel dan demokratis. Kami yakin hasilnya juga sudah syarat dengan penilaian dan pertimbangan dari berbagai unsur.

Demikian juga agar mereka-mereka yang terpilih, dapat menjadikan Dewan Pendidikan Rokan Hulu sebagai Agent Of Change memajukan Pendidikan Rohul, juga sebagai Center Of Model pada sektor pendidikan di Provinsi Riau.

“Kita berharap, mereka yang terpilih mampu menjadi mitra pemerintah sebagai memberi solusi, Ide, Tenaga, mediator dan juga menjalankan fungsi pengawasan,”pungkasnya.***(adv/hms/Fitri)