Pemprov Riau Diminta Bersikap Soal Pelestarian Ikan

Anggota DPRD Riau, Hardianto SE

Pekanbaru(SgmenNews.com)- Legislator Provinsi Riau Dapil Bengkalis, Hardianto SE, berharap pemerintah harus bersikap soal keluhan nelayan dan pelestarian ikan.

Hardianto menilai selama ini pemilik modal besar sudah bertahun tahun menangkap ikan menggunakan jaring batu. Hal itu akan berakibat punahnya ikan di laut.

“Pemerintah Provinsi Riau harus bersikap tegas dalam menegakkan aturan, yang mengakibatkan konflik nelayan dengan pemilik modal. Kita sepakat ketika pemanfaatan ikan di Riau demi kesejahteraan nelayan bukan memperkaya pemilik modal,” kata Hardianto, Senin (27/2/17).

Aparat hukum juga diharapkan bekerja sesuai tupoksi mereka.

Dalam sistem pelestarian, lanjut Hardianyo, pemerintah harus bersikap tepat dan melakukan kajian seperti membuat rumah rumah ikan, karang buatan, membuat ikan khas sistem tambak atau apung, jika perlu dijadikan kawasan ikan terpadu. Atau bisa jadi dibuat laut wilayah. Sehingga ikan bisa berkembang biak. Atau bisa jadi dibuat laut wilayah.

Dengan demikian, kelestarian ikan akan terjaga, sehingga nelayan bisa menikmati potensi ikan untuk perekonomian masyarakat.***(hasran)