Beli Rumah Tak Sekedar Murah, Perhatikan Berikut Ini

SegmenNews.com– Bagi anda yang ingin membeli rumah harus memperhatikan berbagai sisi, jangan hanya sekedar murah.

Harga rumah di tengah kota tak lagi bersahabat, namun jika ingin mendapatkan yang nyaman, Anda harus rela mendapatkan rumah yang berada di pinggir kota.

Selain itu, pembiayaan rumah pun harus dibayar dengan cara dicicil mengingat tak semua orang memiliki dana tunai yang besar. Maklum, hanya dengan menabung.

Namun, jika Anda mau berusaha lebih keras, cobalah melakukan trik berikut jika ingin mendapatkan rumah dengan harga yang lebih miring.

Rumahnya sudah berumur

Maksudnya rumahnya sudah tua. Mungkin bentuk bangunannya sudah tidak up to date, tapi dengan sentuhan yang artistik, Anda pasti bisa mengubah tampilannya—minimal bagian dalamnya—menjadi lebih nyaman dan modern. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan biaya perbaikannya saat membeli rumah tua.

Pertimbangkan rumah orangtua

Jika Anda memiliki orangtua yang justru tempat tinggalnya lebih dekat ke kota dibandingkan rumah baru yang letaknya jauh dari kota, cobalah untuk bernego dengan mereka.

Bukan berarti Anda jadi membelinya, namun Anda bisa merenovasi rumah tersebut agar tampil lebih modern, luas, dan membagi ruangannya untuk Anda dan orang tua.

Misal, rumah bagian bawah untuk mereka, sementara Anda menempati bagian atas. Jangan lupa jika biaya operasional dan pajak sebaiknya ditanggung oleh Anda.