Masyarakat Percayakan UPZ Kecamatan Kelola Zakat

Siak(SegmenNews.com)- Dayun merupakan satu dari tujuh Kecamatan yang bergabung dalam Program Siak Gemar Berzakat Baznas Kabupaten Siak. Setelah beberapa waktu lalu acara yang sama dilakukan dikecamatan koto Gasib kini giliran kecamatan dayun yang menjadi tempat pelaksanaan acara Gemar berzakat.

Tujuan kegiatan ini untuk mengoktimalkan potensi zakat di setiap daerah. Hai ini diungkapkan oleh Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto saat memberikan kata sambutan pada acara Penyerahan Zakat konsumtif yang berlangsung di Mesjid Al-Munawaroh Kecamata Dayun 11/06/2017.”

Acara di hadiri oleh Bupati Siak Syamsuar, Wakil Bupati Siak Alfedri, Kandepag Siak Muharom, Serta ratusan mustahik calon penerima bantuan zakat Rasyid menambahkan Gemar Berzakat ini di riau satu-satunya kabupaten yang melaksanakan yaitu Siak.

Dalam bulan puasa ini pihaknya bersama pemerintah daerah akan mendistribusikan zakat tahab II pola konsumtif yang akan di serahkan kepada 189 Mustahik (Penerima) masyarakat kecamatan dayun dengan jumlah dana yang akan di serahkan sebesar Rp.102.600.000,- dengan masing-masing menerima Rp. 5.304,800,-

Untuk Tahap ketiga gemar berzakat diadakan pada tanggal 12 Juni 2017 yang dilaksanakan di Kecamatan Lubuk Dalam, dari total keseluruhan penyaluran zakat untuk tahap II ini berjumlah 1,5 Milyar.

Untuk potensi zakat yang paling besar dari tujuh kecamatan masih di pegang oleh Kecamatan Siak dan Mempura dengan perolehan 500 samapi dengan 600 juta pertahun masyarakat sangat peduli terhadap gerakan zakat ini terangnya.

Sementara itu bupati Siak Syamsuar dalam sambutannya mengungkapkan pentingnya kita membayar zakat karena di dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang lain. Ia menghimbau kepada warga dayun percayakan amil zakat yang sudah di tunjuk oleh pemerintah, dan bagi pengurus UPZ kecamatan yang sudah berganti, hendaknya bersemangat untuk menghimbau, mengajak orang kaya yang ada di Dayun ini agar dapat di himpun zakatnya.

Tambah Syam, pengurus hendaknya jujur dan transparan dalam mengelola dana umat, agar memunculkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini.

Dalam kesempatan itu Syamsuar Menyerahkan zakat hartanya senilai Rp.75 juta kepada panitia baz Kecamatan dayun dan disaksikan oleh pegurus Baz Kabupaten Siak, yang di tandai dimulainya Gerakan Siak Berzakat oleh Baznas Kabupaten siak yang disusul beberapa orang Muzaki dayun untuk  menyerahkan zakat hartanya.

Sejak dibukanya pendaftaran hingga acara selesai Zakat harta terkumpul berjumlah 115 juta rupiah sementara itu manajemen PT. BSP (Bumi Pusako Siak) menyerahkan bantuan Sembakao kepada 200 kaum duafa yang ada di Kecamatan dayun dan bantuan diserahkan secara simbolis oleh Syamsuar dan didampingi Manajer CSR Danil Firdaus di Mesjid Al-Munawaroh pasar dayun.***(Rinto)