Wardan: Program DMIJ Wujud Pemerataan Pembangunan

Inhil(SegmenNews.com)- Guna mewujudkan pemerataan pembangunan di kawasan perdesaan dan perkotaan, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menerapkan 2 (Dua) program sekaligus, yakni program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dan program Infrastruktur Ibukota Kecamatan (IKK).

“Kedua program tersebut, sudah berjalan beberapa tahun belakangan. Dengan dilaksanakannya kedua program itu, manfaat dari pembangunan pun sudah mulai terasa di kalangan masyarakat yang kini dapat menikmati akses jalan antar wilayah kian lancar tanpa hambatan,” ungkap Bupati dihadapan puluhan jema’ah shalat Tarawih di Surau Darussalam, Jalan Pelajar, Tembilahan Hulu, Rabu (7/6/2017) malam.

Namun, bagi masyarakat yang belum dapat merasakan ‘kue’ pembangunan seperti kelancaran akses transportasi di wilayahnya, Bupati Wardan mengharapkan kesabaran masyarakat dalam menantikan berjalannya proses pembangunan. Sebab, menurutnya, pelaksanaan pembangunan tidak bisa serta – merta dilaksanakan tanpa melewati tahapan proses.

“Butuh waktu, butuh dana anggaran yang tidak sedikit. Dan kita (Kabupaten Inhil, red) tidak memiliki dana anggaran yang besar. Apalagi, Kabupaten Inhil yang akan dibangun ini merupakan Kabupaten terluas se – Provinsi Riau,” tukas Bupati.

Dalam pelaksanaan pembangunan, Bupati Wardan membeberkan, ketersediaan dana anggaran melalui APBD Kabupaten Inhil saat ini, tidak memadai untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan akan pembangunan di 20 (Dua Puluh) Kecamatan se – Kabupaten Inhil ini.

“Untuk itu, saya beserta jajaran saya di Pemerintahan Kabupaten Inhil, harus terlebih dahulu mencarikan sumber pembiayaan pembangunan lainnya. Misalnya saja, sumber yang berasal dari APBN ataupun APBD Provinsi Riau. Ini juga tidak bisa secara instan kita peroleh,” katanya.(adv/Diskominfo)