378 Calon Kades akan Bertarung di Pilkades Bengkalis

Bengkalis(SegmenNews.com)-Sebanyak 378 calon Kades bakal berkompetisi pada  Pilkades Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang pertama di Kabupaten Bengkalis.

Pilkades akan dilakukan di 93 desa di 11 kecamatan, Selasa (11/7/17) mendatang.

Sesuai tahapan, hari ini, Rabu (5/7/2017) merupakan masa kampanye terakhir masing-masing calon Kades. Sedangkan mulai besok, Kamis (6/7/2017) sampai Senin (10/7/2017) merupakan masa tenang.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin berharap seluruh calon Kades beserta tim sukses dan pendukungnya benar-benar mematuhi ketentuan pada masa tenang tersebut. Tidak melakukan aktivitas politik dalam bentuk apapun.

“Kami juga sudah mengintruksikan masing-masing camat dan para Kades/Penjabat di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak, agar dapat memastikan tidak ada lagi kampanye yang dilakukan para calon maupun tim suksesnya dan pendukungnya dalam bentuk apapun,” jelas Amril.

Amril menjelaskan itu usai memimpin rapat persiapan dan evaluasi penyelenggaraan Pilkades serentak di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (5/7/2017).
Kemudian, seluruh warga di masing-masing desa yang mempunyai hak pilih, benar-benar berpartisipasi aktif menggunakan haknya, Amril mengatakan, juga sudah mengintruksikan seluruh camat beserta pejabat Kades di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak, untuk melibatkan tokoh agama maupun pemuka masyarakat melakukan sosialisasi agar masyarakat menggunakan hak pilihnya.

Di bagian lain, kepada warganya di 93 desa yang melaksanakan Pilkades serentak, Amril juga berharap agar bersama-sama menjaga supaya helat politik tersebut berlangsung aman, damai, demokratis serta senantiasa dalam semangat persatuan dan kesatuan.

Bupati memambahkan, setakat ini persiapan sudah mencapai kurang lebih 90 persen.
“Alhamdulillah, berdasarkan laporan dari panitia pelaksana di tingkat kabupaten, sejauh ini seluruh tahapan berjalan sebagaimana mestinya. Hanya masalah logistik seperti bilik suara yang insya Allah akan tuntas dan terdistribusi ke semua desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada H-1,” jelas Amril.

Selain camat se-Kabupaten Bengkalis, hadir juga dalam rapat tersebut Kapolres Bengkalis AKBP Abas Basuni dan Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Rahman Dwi Saputra. Kemudian Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah H Arianto, Plt Asisten I Hj Umi Kalsum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Ismail, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Di bagian lain, Amril meminta seluruh panitia pelaksana Pilkades serentak di semua tingkatan, untuk bersikap netral. Tidak memihak salah satu calon Kades, serta melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh rasa tanggungjawab. Harus sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan.

“Apapun alasannya, panitia pelaksana Pilkades di semua tingkatan tidak dibenarkan membuat kebijakan atau kesepakatan sendiri. Semua harus mengikuti pedoman atau aturan yang sudah ditetapkan,” tegas Amril.***(mc Riau/man)