DPPKB Rokan Hulu Hadiri Puncak Harganas di Lampung

Rohul(SegmenNews.com)- Rombongan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), hadiri puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV 2017, yang dipusatkan di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Momentum peringatan ini bertujuan tingkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, dalam penerapan delapan fungsi keluarga serta pembentukan karakter sejak dini guna mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Rombongan dipimpin Kepala DPPKB Rohul, H.Yulisman.SS.MM, Ketua TP-PKK Rohul Oppy Afdayani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Radias Damri, Ny Kelmi Amri, anggota DPRD Kasmawati.S.Pd.Mip, serta lainnya.

Oppy mengatakan, selama pelaksanaan Harganas XXIV 2017, rombongan melihat kerajinan home industri pembuatan tapis di Lampung.

“Melalui peringatan Harganas dilakukan melalui empat pendekatan ketahanan keluarga dengan harapan keluarga Indonesia sehingga semakin dekat dan dapat mempererat tali silaturahmi satu sama lainnya. Keempat pendekatan itu, adalah keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga peduli dan berbagi,” ungkap Oppy,selasa (18/7/2017).

Di peringatan Harganas XXIV 2017, mengusung tema “dengan Hari Keluarga Nasional, Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan”. Pesan itu, intinya adalah dengan keluarga berketahanan, Indonesia mandiri dan sejahtera.

“Melalui puncak peringatan Harganas XXIV tingkat Nasional tahun 2017, dilaksanakan 15 Juli 2017 di Kota Bandar Lampung, yang juga hadir para Menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati, dan wali kota se-Indonesia.

Dipuncak peringatan Harganas XXIV 2017, diselenggarakan Kemah Keluarga Indonesia (KKI) menghadirkan 200 Kepala Keluarga (KK) atau 800 orang, terdiri dari ayah, ibu dan 2 anak.

“Mereka berkumpul, berinteraksi, berdaya serta peduli, dan berbagi sehingga menghadirkan keluarga-keluarga yang tangguh dan berdaya,” sebut Oppy.

Oppy juga menyebutkan, selain itu juga ada berbagai kegiatan seperti aksi Generasi Berencana (GenRe), seminar, olahraga jalan sehat, bhakti sosial serta pameran.

Selain itu, juga digelar dagang dengan melibatkan Usaha PeningkatanPendapatan Keluarga (UP2K), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Usaha Kecil dan Menengah (UKM) termasuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

“Melalui kegiatan Harganas di Lampung, beharap kita bisa belajar dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Juga akan mendapat pengalaman berharga, yang nantinya bisa diterapkan di Rohul ini,” ucapnya.

Dikegiatan Harganas, dimeriahkan dengan pasar rakyat, festival kuliner, termasuk pergelaran seni budaya. Selain itu, diselenggarakan pemberian tanda penghargaan kepada para kepala daerah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan tenaga profesional yang dinilai telah berjasa dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).”***(ADV/HUMAS/fitri).