Gawat..Walikota Pekanbaru Keracunan Makanan, Kedai Kopi Kim Teng Ditutup

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Walikota Pekanbaru H Firdaus MT dan dikabarkan keracunan makanan, tak hanya walikota Sekretaris Kota Pekanbaru, M Noer juga keracunan.

Dari informasi, Wali Kota Pekanbaru  memesan makanan melalui Catering Barokah di Jalan Padang Bolak No 6 kelurahan Labuh baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru berupa lontong, soto, roti bakar, minuman kopi, sirup dan air mineral tiga jam kemudian terjadi gejala mual, muntah pada dua orang anak-anak dan tiga orang dewasa termasuk Wali Kota Pekanbaru H Firdaus MT dan Sekko Pekanbaru Drs H M Noer.

Dari pemeriksaan Polresta Pekanbaru, Dinas Kesehatan, BPOM, Sat Pol,  Badan Pelayanan Terpadu, Disperindag, terhadap pemilik catering barokah, didapati roti yang dipesan dari kedai kopi Kim Teng Jalan Senapelan yang diduga penyebab keracunan.

Setelah dilakukan uji sampel oleh BPOM Pekanbaru 13 Juli 2017 diperoleh hasil pengujian dengan Surat Pengujian nomor : PN.04.06.84.04.KLB.07.2017 disimpulkan hasil pengujian positif keracunan Staphyoloccus.

Kemungkinan sumber pencemaran dari hidung, kulit dan luka orang dan hewan dan kambing, sapi kontaminasi setelah pengolahan.

Gejala Keracunan utama mual. Gejala lain muntah, sakit perut, diare, prostration. Masa inkubasi 1-8 jam, rata-rata 2-4 jam.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda Suryani Munir, Selasa (25/7/2017) mengatakan hasil temuan juga menjelaskan bahwa selain selai roti tersebut juga tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa dan kode produksi.

“Selain itu, karyawan tidak dilengkapi dengan pakaian kerja, masker, tutup rambut dan sarung tangan. “Pemilik sarana belum menetapkan berapa lama makan itu layak untuk dikonsumsi,” tambahnya.***(dti/btp)