Meriahkan HUT RI, Warga Rambah Hilir Lomba “Bopacu Sampan”

Rohul(SegmenNews.com)- Puluhan Peserta warga Rambah Hilir mengikuti lomba “Bopacu Sampan” (berpacu sampan) di aliran Sungai Batang Lubuh Desa Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (15/8/2017) sore.

Meriahkan HUT RI, Warga Rambah Hilir Lomba “Bopacu Sampan”

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Kecamatan Rambah Hilir (HIMAKRI) ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Camat Rambah Hilir Yunaidi saat membuka acara lomba mengatakan, kegiatan lomba Bopacu Sampan merupakan even perdana digelar. Ia berharap even ini dilaksanakan‎ rutin setiap tahun ke depan oleh masyarakat tempatan.

Katanya, lomba Bopacu Sampan‎ di aliran Sungai Batang Lubuh atau Sungai Rokan Kanan di Dusun Pasar Muara Rumbai sebagai ajang silaturahmi Pemerintah Kecamatan dan Pemerintahan Desa Rambah Hilir dengan masyarakat.

Kemudian, lomba yang baru berakhir Kamis 17 Agustus 2017 juga sebagai upaya untuk mengingatkan kembali alat transportasi air dipakai masyarakat Rambah Hilir sebelum ada pelayangan atau rakit di daerah tersebut.

Dulunya, dijelaskan Yunaidi, warga Dusun Pasar Muara Rumbai biasa menggunakan sampan untuk pergi ke ladang atau beraktivitas ke seberang sungai Batang Lubuh.

Kedepan Yunaidi berencana, untuk lokasi Lomba Bopacu Sampan akan dijadikan tempat untuk acara Mandi Balimau setiap menjelang bulan Ramadan. Ia menargetkan lokasi ini dijadikan tempat wisata.

“Tembok dibangun pemerintah ini harus dimanfaatkan. Lokasinya juga cocok dijadikan tempat wisata,” sebut Camat Rambah Hilir.

Yunaidi mengapresiasi ide mahasiswa tergabung di HIMAKRI, pemuda, dan masyarakat Rambah Hilir dalam membangkitkan tradisi lama di daerah itu. Dengan bahu membahu dan kerjasama Lomba Bopacu Sampan akhirnya terlaksana.

Diajang lomba, puluhan tim peserta, setiap tim ada dua orang‎ terlihat semangat berpacu sampan dengan melawan derasnya arus Sungai Batang Lubuh.

“Tim wajib mengambil sebuah bendera merah putih berukuran yang berada di seberang sungai, dan harus kembali ke start. Kemudian setiap pemenang akan diadu kembali untuk mendapatkan sang juara,” jelas Yunadi.***(Fitri)