75 Peserta Ikuti Diklat Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa di Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Sebanyak 75 orang peserta mengikuti  Diklat dan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Senin (11/9/17).

Diklat yang dilaksanakan disalah satu hotel di PasirPangaraian ini dibuka oleh Bupati, H Suparman diwakili oleh Asisten II, M. Ruslan.

Ruslan menyampaikan, saat ini Satker membutuhkan 55 orang untuk panitia lelang pengadaan barang dan jasa. Dengan Diklat ini, kemampuan calon panitia akan di uji.

“Bupati meminta ujian ini dilakukan untuk mencari kemampuan pejabat dibidang barang dan jasa, karena Rohul membutuhkan personil dibidang ini  agar para kontraktor tidak komplain karena sudah beberapa tahun ini tidak diadakan diklat ,” ungkap M. Ruslan.

Ruslan berharap dengan adanya panitia teruji ini, Rokan hulu akan terhindar dari hal-hal yang berbau dengan korupsi (KKN) baik legislatif dan eksekutif terbebas.

Berlaku sebagai narasumber dalam Diklat ini adalah Suryana Hakim ST Kepala Bidang Kawasan Pemukiman, dan juga narasumber dari Jakarta.

Kemudian Samsul Kamar kepala bagian layanan pengadaan barang dan jasa atau kepala LKPP mengatakan, bahwa tujuan Diklat ini untuk mensersertifikasi pejabat  untuk diketahui kemampuannya dalam mengisi satker yang membutuhkan personil.

“Yang lulus akan ditempatkan pejabat pengadaan, pejabat monumen, pejabat barang dan jasa, karena banyak para pejabat yang merangkap dibeberapa satker menjadi bpk atau anggota pokja dan anggota pengadaan jadi kita nilai tidak efektif dengan banyak kegiatan dikerjakan oleh 1 orang sehingga tidak efisien,” kata samsul.

Diklat dan ujian ini dilakukan selama 3 hari, sedangkan untuk ujiannya dilakukan satu hari ini dengan materi ujian pengadaan barang dan jasa Keppres nomor 4 tahun  2015 perubahan terakhir dari  Keppres 2014.***(Fitri)