Massa LMR Tuntut PT.IKPP Hentikan Pencemaran Lingkungan

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Puluhan massa Laskar Melayu Rembuk (LMR) berunjuk rasa di kantor PT. Indah Kiat Pulp and Paper Pekanbaru, Rabu (20/9/17). Mereka menuntut perusahaan kertas nasional tersebut menghentikan pencemaran lingkungan akibat aktifitas IKPP.

Ketua Koalisi Pemuda Lingkungan Hidup Siak, Syadra Hera,S.PSi.

Mereka menilai selama ini masyarakat diresahkan dan lelah akibat pencemaran udara dari cerobong asap perusahaan. Bahkan pencemaran air yang sangat dibutuhkan masyarakat setempat.

“Dulu masyarakat di desa itu memanfaatkan air dari Sungai Siak untuk minum, mandi dan memasak. Namun kondisi air sungai kini, tidak seperti dulu. Bahkan untuk mencuci pakaian dengan air itu sudah tidak bisa,” kata Ketua Koalisi Pemuda Lingkungan Hidup, Syadra Hera, S.PSi.

Belum lagi masyarakat harus menghirup udara yang sudah tercemar oleh asap sisa pembakaran di perusahaan IKPP. Bahkan, setiap bayi yang baru lahir harus diungsikan. Karena racun dari asap itu sangat berbahaya.

Ada banyak dampak yang dialami masyarakat karena pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT. IKPP di tempat itu.

Namun upaya masyarakat untuk protes tidak pernah didukung. Hingga pada akhirnya masyarakat di desa itu menyerah dan melakukan aksi, berharap ada perubahan soal kondisi lingkungan dan pencemaran udara oleh perusahaan ini.***(ran)