BRI Siap Dukung Pemkab Rohul Implementasikan Transaksi Non Tunai

Rohul(SegmenNews.com)- Terkait kesiapan Pemkab Rohul melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Rohul untuk mengimplementasikan transaksi keuangan sistem non tunai yang dilaksanakan diseluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia terhitung pada 1 Januari 2018.

PT Bank Rakyat Indoensia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pasirpengaraian sebagai tempat penyimpanan Keuangan Asli Daerah (Kasda) Kabupaten Rokan Hulu, siap mendukung penuh program Pemerintah Kabupaten Rohul tentang Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (SE Mendagri) Nomor 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota tertanggal 17 April 2017.

Pimpinan PT BRI (Persero) Tbk Cabang Pasirpengaraian, H Bhakti Agung Siswanto SE mengakui siap untuk mendukung penuh transaksi non tunai yang akan diterapkan oleh Pemkab Rokan Hulu terhitung pada 1 Januari 2018 mendatang.

“ Kami sebagai mitra Pemkab Rohul sangat siap untuk mendukung program dan roda pemerintahan di Rohul, sesuai dengan surat edaran Mendagri RI tentang Implementasi transaksi Non Tunai Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota,” tutur H Bhakti Agung Siswanto SE, Senin (23/10/2017) pagi.

Berkaitan dengan poin hal tersebut, bahwa ada ketentuan aturan yang harus dipenuhi BRI sebagai alat pembayaran.

Untuk itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kanca Pasirpengaraian sudah menyediakan 2 unit mesin CRM (Setor Tunai) dan 16 mesin ATM demi melayani masyarakat Kabupaten Rokan Hulu dan Aparatur Pemerintah.

“ Dengan poin diatas artiartinya ada ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi BRI sebagai alat pembayaran, nah soal itu kami dari BRI siap. Kami juga sudah menyediakan 2 mesin CRM (setor tunai) dan 16 mesin ATM demi melayani masyarakat Rokan Hulu dan Aparatur Pemerintahannya serta telah tersebar hampir di seluruh Kecamatan di Rohul,” tambah Agung.

Mesin EDC Merchant yang tersedia untuk transaksi non tunai tersebar 70 EDC dan 133 EDC BRILink yang mayoritas EDC BRILink ini di manfaatkan oleh BUMDesa se Rokan Hulu.

BRILink ini juga bermanfaat bagi masyarakat untuk melaksanakan pengambilan uang dan penyetoran uang serta transaksi pembayaran PLN, pembayaran kredit kendaraan bermotor dan lainnya.

Tentunya ini semua demi terwujudnya transaksi non tunai sesuai program pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu.

Khusus untuk Pemda Rokan Hulu BRI akan melaksanakan dengan CMS (Cash Menagement System). Dimana seluruh transaksi akan dikelola oleh masing-masing Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rohul.

“ Artinya seluruh SKPD melakukan pengelolaan keuangan sendiri dalam metode pembayaran dan nantinya pembayaran tersebut tidak boleh dalam bentuk tunai, wajib mempunyai rekening BRI,” paparnya.***(fit)